ASN Pemkot Cimahi Rentan Terkena Obesitas dan Hipertensi

ASN di Pemerintah Kota Cimahi rentan terkena penyakit obesitas dan hipertensi.

ASN Pemkot Cimahi Rentan Terkena Obesitas dan Hipertensi
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
ASN saat diperiksa kesehatan oleh Dinas Kesehatan Kota Cimahi. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Dinas Kesehatan Kota Cimahi menilai sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Cimahi rentan terkena penyakit obesitas dan hipertensi.

Selain faktor genetik, para ASN masih kurang mengikuti pola hidup sehat.

Hal itu diketahui setelah Dinas Kesehatan melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap ASN di Aula Gedung B kompleks perkantoran Pemkot Cimahi, Jalan Raden Demang Harjakusumah, Kota Cimahi, Selasa (19/3/2019).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi, drg Pratiwi, mengatakan, selain obesitas masih banyak potensi masyarakat termasuk ASN terkena Penyakit Tidak Menular (PTM) yang lain.

"Obesitas rentan terkena pada ASN, selain itu ada beberapa penyakit seperti hipertensi, stroke, penyakit jantung, penyakit sendi, asma, diabetes melitus, tumor, dan cedera akibat lalu lintas," katanya di sela pemeriksaan kesehatan ASN.

Menurutnya, saat ini di Kota Cimahi sendiri hipertensi jadi salah satu PTM yang menduduki peringkat ke tiga dari 10 penyakit terbanyak.

Penderitanya pun banyak berdatangan ke Puskesmas.

Berdasarkan data yang ada di Dinkes Kota Cimahi, hasil deteksi dini pengendalian penyakit tidak menular kelompok khusus ASN Pemkot Cimahi tahun 2018, di antaranya ASN masuk kategori obesitas sebanyak 33,22 persen, kurang aktivitas fisik 41,24 persen, persentase ASN merokok 32,76 persen, kurang konsumsi sayur dan buah 33,79 persen, gula darah 96,91 persen, kolesterol darah 66,32 persen, hipertensi 19,47, dan obesitas sentral 62,31.

"Jadi berdasarkan pemeriksaan tahun 2018 ASN di Cimahi paling banyak mengalami hipertensi dan risiko penyakit paling tinggi obesitas," katanya.

Dari hasil pemeriksaan kesehatan yang dilakukan, kata dia, menunjukkan adanya potensi bagi para ASN terkena PTM sehingga harus meningkatkan kualitas kesehatan dengan menerapkan gaya hidup sehat.

"Pemeriksaan kesehatan dilakukan bergiliran untuk seluruh ASN termasuk para pejabat. Sasarannya yaitu 1.200 orang ASN yang bertugas di lingkungan Pemkot Cimahi," kata Pratiwi.

Ia mengatakan, pemeriksaan meliputi tensi darah, berat dan tinggi badan, cek darah terkait kadar kolesterol dan gula darah serta deteksi kesehatan jiwa," katanya.

Menjelang Pemilu 2019, Disdukcapil Kota Cimahi Maksimalkan Pelayanan, Buka Sabtu-Minggu

Disdukcapil Kota Cimahi Tuntaskan Perekaman dan Pencetakan KTP-el, Bisa Digunakan untuk Pemilu

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved