Pemkot Cimahi Klaim 90 Persen Jalan di Kota Cimahi Laik Digunakan

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Cimahi menyebut bahwa saat ini 90 persen jalan yang di Kota Cimahi laik digunakan.

Pemkot Cimahi Klaim 90 Persen Jalan di Kota Cimahi Laik Digunakan
IMAR CINDRARINI
KANTOR PEMKOT CIMAHI2 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Cimahi menyebut bahwa saat ini 90 persen jalan yang di Kota Cimahi laik digunakan.

Kepala Bidang Bina Marga, Dinas PUPR Kota Cimahi, Wilman Sugiansyah, mengatakan, dari persentase tersebut masih ada perhitungan kemantapan indeks jalan, sehingga pihaknya harus menganalisis ulang.

"Untuk kemantapan jalan Kota Cimahi sudah mencapai di atas 90 persen. Tapi masih bisa berubah karena ada metode-metode yang baru, sehingga nilai pemantapannya akan berubah," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu (17/3/2019).

6 Ruas Jalan di Cimahi Segera Diperbaiki, Didanai Pemerintah Pusat

Wilman mengatakan bahwa Pemkot Cimahi setiap tahun menganggarkan sebesar Rp 3 miliar untuk pemeliharaan dan perbaikan dengan cara overlah atau ditambal menggunakan aspal.

"Namun karena ada pemeliharaan berkala yang dilakukan selama lima tahun sekali, maka untuk tahun ini Pemkot Cimahi menganggarkan Rp 35 miliar," katanya.

Hal tersebut, menurut Wilman, karena kebutuhan untuk infastruktur di Kota Cimahi memang sangat besar, bahkan biayanya bisa mencapai angka triliunan.

Sehingga untuk memenuhi kebutuhan tersebut, lanjutnya, tidak bisa hanya mengandalkan dana dari APBD saja dan harus mengandalkan bantuan pemerintah pusat dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

"Jadi untuk memenuhi keterbatasan APBD pemerintah mencoba mencari bantuan baik dari pusat ataupun dari provinsi," kata Wilman.

100 Ribu Orang Milenial di Kota Cimahi Terlibat Gebyar Puncak Millennial Road Safety Festival

Petugas Tuding Parkir Liar Penyebab Kemacetan di Kota Cimahi [VIDEO]

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved