Museum Sri Baduga Akan Dikembangkan, Terinspirasi Film Petualangan Indiana Jones

Terinspirasi film Indiana Jones, Dedi Taufik ingin kembangkan Museum Sri Baduga.

Museum Sri Baduga Akan Dikembangkan, Terinspirasi Film Petualangan Indiana Jones
TRIBUNJABAR.CO.ID/THEOFILUS RICHARD
Museum Sri Baduga Bandung. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Putri Puspita

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Jawa Barat, Dedi Taufik mengatakan masyarakat saat ini tak begitu familiar dengan museum.

Ia memberikan contoh untuk meningkatkan pengunjung museum di Jabar Ia ingin berkolaborasi dengan dunia perfilman.

Inspirasinya adalah dari film Indiana Jones di Inggris.

"Di Inggris ada Indiana Jones yang ceritanya bagaimana mumi yang ada di Mesir dibawa ke Inggris," ujar Dedi Taufik saat ditemui di sela acara Museum Festivities, di halaman belakang Gedung Sate, Jumat malam (16/3/2019).

Banyaknya wisatawan yang ingin datang ke Inggris untuk melihat museum menginspirasi Dedi untuk terjadi hal yang serupa di Bandung.

Salah satu museum yang saat ini sedang dikembangkan oleh Disparbud Jabar adalah Museum Sri Baduga yang berada di Jalan BKR.

Dedi mengatakan museum Sri Baduga memiliki banyak peninggalan sejarah seperti peninggalan abad ke-14 yang jika diangkat maka tingkat keberminatan kunjungan wisata destinasi Jabar bisa tinggi.

"Berdasarkan data kunjungan wisata itu mengacu pada 35 persen ke alam, wisata culture 60 persen, wisata buatan 5 persen, dan museum itu masuk dalam kategori culture," ujar Dedi Taufik.

Artefak berbentuk kepala naga berbelalai seperti gajah dan berbadan ular di Museum Sri Baduga, Senin (18/9/2017).
Artefak berbentuk kepala naga berbelalai seperti gajah dan berbadan ular di Museum Sri Baduga, Senin (18/9/2017). (TRIBUN JABAR/PUTRI PUSPITA NILAWATI)

Oleh karena itu Disparbud Jabar saat ini berencana akan bekerja sama dengan travel sehingga nantinya akan ada kunjungan ke museum.

Hal ini untuk menarik wisatawan supaya tertarik untuk datang ke Sri Baduga yang bisa dijual nilai sejarahnya.

Meskipun Museum Sri Baduga masih mengusung konsep konvensional, tak secanggih Museum Gedung Sate, Dedi Taufik mengatakan nantinya akan ada kerja sama dengan pihak swasta.

"Museum ini harus punya tingkat provit berkaitan dengan pembelajaran yang saat ini sudah dilakukan dengan sekolah-sekolah sebagai bentuk awal perkenalan," ucap Dedi Taufik.

Dedi menilai jika isi dari Museum Sri Baduga saat ini sudah bagus, tinggal bagaimana Disparbud Jabar mengemas kontennya untuk mengedepankan kepuasaan pelanggan sehingga minat berkunjung ke museum meningkat.

"Dalam satu hari jumlah pengunjung Museum Sri Baduga sudah mencapai 1.000 dan kami akan terus mengembangkan kunjungan ini," ujar Dedi Taufik.

Jadwal Kajian Islam Sabtu (16/3/19) di Bandung dan Cimahi, Ada Materi Soal Fitnah Akhir Zaman

Bingung Mau Makan Siang di Mana Nanti? Ayam Geprek Sambal Matah di Tempat Ini Menggugah Selera

Penulis: Putri Puspita Nilawati
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved