Harga Bawang Merah Naik, Harga Cabai Rawit Merah dan Keriting Turun

Sepekan terakhir, harga bawang merah terus naik. Berdasarkan pantauan Tribun di pedagang sayur keliling mencapai Rp 50.000 per kilogram

Harga Bawang Merah Naik, Harga Cabai Rawit Merah dan Keriting Turun
Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Petani bawang merah di Kampung Ciharashas, Desa Panembong, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, Jumat (23/2/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Tiah SM

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Sepekan terakhir, harga bawang merah terus naik. Berdasarkan pantauan Tribun di pedagang sayur keliling, hari ini, Sabtu (16/3/2019), harga bawang merah sudah mencapai Rp 50 ribu per kilogram.

Padahal sepekan lalu, harga bawang merah masih Rp 32.000 per kilogram.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung, Elly Wasliah, mengatakan di pasar tradisional, harga bawang merah belum mencapai Rp 50 ribu per kilogram. Menurutnya, kenaikan harga bawang merah minggu ini masih berkisar sekitar Rp 2.500 hingga Rp 3.000 per kg.

"Penyebabnya kenaikan karena faktor cuaca ( hujan) produksi berkurang dan bawang tidak bisa disimpan lama karena cepat busuk," ujar Elly Wasliah di Balai Kota, Sabtu (16/03/2019).

Ia mengatakan bawang merah yang dipasok dari Brebes saat dijual di pasar masih sekitar Rp 35.000 per kg atau mengalami kenaikan 7,5 persen. Menurut Elly Wasliah, tingkat kenaikan tersebut masih toleransi sehingga tak ada rencana operasi pasar.

"Dinas Pangan setiap hari Kamis mengecek harga ke seluruh pasar, terkait harga bawang belum ada harga standar," ujar Elly Wasliah.

Ini Cara Menanam Bawang Merah Tanpa Menggunakan Tanah, Cukup Pakai Wadah Telur

Tak Mau Tertular saat Flu Mewabah, Gunakan Bawang Merah Saja, Ini Caranya

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bandung, Erick Ataurik, mengatakan perkembangan harga kebutuhan pokok masyarakat di 8 Pasar Tradisional Kota Bandung pada minggu ke dua Maret 2019 secara umum dinilai stabil.

Menurutnya, kenaikan harga komoditas cabai merah dan bawang merah dari Brebes tidak signifikan.

Menurut Erick, harga bawang merah naik rata-rata Rp. 2.500 per kg atau 7.64% dan cabai merah naik rata-rata Rp.3.000 per kg atau 6.5%.

Halaman
12
Penulis: Tiah SM
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved