Sering Dapat Sosialisasi, Warga Tak Terlalu Khawatir Sesar Lembang, Tahu yang Harus Dilakukan

Sering dapat sosialisasi, warga kini tak terlalu khawatir mengenai Sesar Lembang. Tahu apa yang harus dilakukan.

Sering Dapat Sosialisasi, Warga Tak Terlalu Khawatir Sesar Lembang, Tahu yang Harus Dilakukan
Infografis Sesar Lembang 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, NGAMPRAH - Informasi terkait peringatan bencana Sesar Lembang oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tentang fase siklus pelepasan energi tak membuat warga khawatir.

Dalam perhitungan, 160 sampai 170 tahun terjadi fase siklus pelepasan energi.

Menurut Adang Sujatnika (40), warga Cisarua, ia tak begitu khawatir adanya fase siklus pelepasan energi ini.

Ia mengatakan, warga masyarakat di wilayahnya telah mendapatkan sosialisasi dan imbauan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandung Barat.

"Sudah, BPBD KBB sudah lakukan sosialisasi soal Sesar Lembang dan menjelaskan apa-apa saja yang mesti dilakukan ketika terjadi gempa nanti, seperti mulai menyelematkan diri dan menjauh dari banyaknya bangunan-bangunan," katanya saat ditemui di kompleks Pemkab Bandung, Kamis (14/3/2019).

Senada dengan Adang, Bagus Kuswara (30), warga Cilame, Ngamprah, mengaku pembekalan mengenai Sesar Lembang memang sering didapatkan dari BPBD KBB.

Bukan hanya itu, pengetahuan atau sosialisasi terkait Sesar Lembang pun diakui Bagus pernah dia dapatkan dari relawan dan para wartawan yang menyelenggarakan kegiatan sosialisasi di Lembang tahun lalu.

"Iya, sering, sih, dapat sosialisasi soal Sesar Lembang. Bukan dari BPBD saja, tapi dari relawan peduli Sesar Lembang juga pernah diberikan," ujarnya seraya mengaku tak khawatir adanya sase siklus pelepesan energi ini.

Sesar Lembang
Sesar Lembang (Via Grid.ID)

Seperti diketahui, Sesar Lembang membentang sepanjang 29 kilometer dari Padalarang hingga Lembang yang memiliki potensi gempa hingga 7 SR.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved