Seorang Nelayan Hilang Saat Menyelam Cari Ikan di Cibalong Garut, Cari Ikan Pakai Busur Panah

Seorang nelayan terbawa arus laut selatan saat menyelam mencari ikan di Pantai Cipalawah, Desa Sancang, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut

Seorang Nelayan Hilang Saat Menyelam Cari Ikan di Cibalong Garut, Cari Ikan Pakai Busur Panah
KOMPAS.COM
Ilustrasi Tenggelam. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Seorang nelayan terbawa arus laut selatan saat menyelam mencari ikan di Pantai Cipalawah, Desa Sancang, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut. Hingga Jumat (15/3/2019) sore tim SAR belum berhasil menemukan korban.

Kapolsek Cibalong, AKP Ridwan Tampubolon mengatakan, nelayan bernama Sumhar Suhari alias Maulana (45) itu tenggelam pada Kamis (14/3/2019) sekitar pukul 16.00. Korban sudah diperingati warga yang tengah memancing jika gelombang laut akan pasang.

"Jam 14.00 sudah diperingati biar tidak menyelam sama yang mancing. Tapi korban masih tetap menyelam untuk menangkap ikan memakai alat busur panah," ujar Ridwan saat dihubungi.

Dari informasi warga, korban datang ke Pantai Cipalawah sejak Kamis pukul 07.00. Warga Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk itu memakai sepeda motor dan memarkirkan kendaraannya di depan warung.

"Setelah itu korban langsung mencari ikan sampai siang hari. Bisa jadi korban kelelahan atau tersangkut sesuatu saat menyelam," katanya.

Pihaknya mendapat informasi korban tenggelam pada Kamis sore. Warga dan petugas berusaha melakukan pencarian hingga malam hari. Namun korban tak berhasil ditemukan.

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan Prihatin Kasus OTT KPK terhadap Ketua Umum PPP Romahurmuziy

"Hari ini (kemarin) kami minta bantuan dari Basarnas untuk mencari korban. Sampai sekarang belum ada tanda-tanda korban ditemukan," ujarnya.

Menurutnya, gelombang laut di kawasan pantai selatan Garut memang cukup tinggi. Banyak nelayan yang memang masih mencari ikan dengan menyelam.

Warga beranggapan jika sudah terbiasa mencari ikan dalam gelombang yang tinggi. Namun aspek keselamatan kurang diperhatikan.

Humas Basarnas Kantor SAR Bandung, Joshua Banjarnahor menuturkan, telah mengirim satu tim untuk melakukan pencarian korban di Cibalong. Setibanya di lokasi, tim langsung melakukan penyusuran di sepanjang pantai.

"Berdasarkan pertimbangan teknis di lokasi dan sesuai hasil evaluasi tim SAR gabungan, pencarian dihentikan sementara dan akan dilanjutkan besok pagi (hari ini)," ucap Joshua.


Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved