Perbaikan Jalan Mahar Martanegara Kota Cimahi Bakal Dikerjakan Akhir Bulan Ini

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Cimahi akan segera memperbaiki ruas Jalan Mahar Martanegara, Kota Cimahi

Perbaikan Jalan Mahar Martanegara Kota Cimahi Bakal Dikerjakan Akhir Bulan Ini
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Kondisi terbaru aspal di Jalan Mahar Martanegara, Kota Cimahi, Selasa (4/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Cimahi akan segera memperbaiki ruas Jalan Mahar Martanegara, Kota Cimahi yang hingga saat ini rusak akibat aspalnya mengelupas.

Seperti diketahui, mengelupasnya aspal jalan tersebut akibat diterjang banjir karena air dari Sungai Ciputri yang berada di sekitar Jalan Mahar Martanegara meluap saat hujan deras.

Kepala Bidang Bina Marga, Dinas PUPR Kota Cimahi, Wilman Sugiansyah, mengatakan, perbaikan jalan tersebut akan dilakukan pada akhir Maret 2019 dan pengerjaannya akan dilakukan dengan cara dioverlay.

"Semoga akhir Maret ini akan segera diperbaiki, setelah cuacanya sudah membaik atau curah hujannya tidak terlalu tinggi," ujarnya saat ditemui di Kompleks Perkantoran Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah, Jumat (15/3/2019).

Rencananya, kata Wilman, perbaikan jalan tersebut akan diperbaikan pada Februari 2019, namun tidak bisa direalisasikan karena curah hujan masih tinggi.

"Jika perbaikan saat itu tetap dilakukan dikhawatirkan aspalnya kembali mengelupas karena berdasarkan BMKG curah hujan masih tinggi," katanya.

Soal Perempuan Mulai Jadi Bagian dari Kelompok Teroris, Polisi: Wanita Setia dan Taat

Wilman mengatakan, perbaikan jalan tersebut tetap akan dilakukan pihak kontrkator karena kerusakan Jalan Mahar Martanegara yang mencapai 445 meter itu masih menjadi tanggung jawab kontraktor.

"Pengerjaannya, akan dilakukan pada malam hari dan satu hari pasti beres. Untuk penebalan aspal harus menyesuikan dengan tinggi drainase," katanya.


Ia mengatakan spesifikasi aspal yang digunakan pada perbaikan jalan tersebut terdiri dari tiga macam, yakni Laston Lapis Aus (Asphalt Concrete-Wearing Course atau AC-WC), Laston Lapis Permukaan Antara (Asphalt Concrete- Binder Course atau AC-BC), dan Laston Lapis Pondasi (Asphalt Concrete- Base atau AC-Base).

Proyek pengerjaan overlay jalan tersebut dimenangkan oleh CV. Tri Manunggal Karya dan anggaran yang dibutuhkan untuk pengerjaan overlay ruas jalan sepanjang 445 meter ditambah pengerjaan drainase sepanjang 300 meter mencapai 1,381 miliar.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved