FK3I Minta Pemerintah Hentikan Aktivitas di Cagar Alam Kamojang dan Papandayan

Koordinator Pusat FK3I, Dedi Kurniawan mengatakan bahwa dari temuan fakta di lapangan, menunjukkan berbagai alat berat dan aktivitas pemasangan pipa b

FK3I Minta Pemerintah Hentikan Aktivitas di Cagar Alam Kamojang dan Papandayan
TRIBUN JABAR/FIRMAN WIJAKSANA
Para aktivis lingkungan Garut melakukan unjuk rasa di Bundaran Simpang Lima, Kecamatan Tarogong Kidul menolak penurunan status Cagar Alam Kamojang dan Papandayan, Kamis (14/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ery Chandra

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Beberapa aktivis menolak penurunan status Cagar Alam Kamojang dan Papandayan menjadi Taman Wisata Alam (TWA)

Pusat Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia (FK3I) menilai penolakan dari sejumlah elemen masyarakat di Garut dan Bandung semestinya secara serius ditangani oleh pengambil kebijakan.

Tujuannya, agar semua aktivitas di Cagar Alam Kamojang dan Cagar Alam Papandayan serta penyangga hutan lindung dihentikan.

Koordinator Pusat FK3I, Dedi Kurniawan, mengatakan bahwa dari temuan fakta di lapangan, menunjukkan berbagai alat berat dan aktivitas pemasangan pipa baru untuk sumur panas bumi di wilayah sekitar Puncak Cae masih berlangsung.

"Hal ini sangat kontra produktif dengan upaya penolakan yang dilakukan masyarakat luas," ujar Dedi Kurniawan, kepada Tribun Jabar, di Kota Bandung, Jumat (15/3/2019).

Aktivis Garut Tolak Penurunan Status Cagar Alam Kamojang dan Papandayan

Ini Latar Belakang Perubahan Fungsi Kawasan Kamojang dan Papandayan yang Semula Cagar Alam

Pihaknya mempertegas supaya menteri terkait segera mengeluarkan surat teguran agar semua aktivitas yang sedang berjalan dihentikan.

Menurutnya, pencabutan surat keputusan nomor SK.25/MENLHK/SETJEN/PLA.2/1/2018 merupakan harapan semua elemen yang peduli terhadap keberlangsungan cagar alam tersebut.

"Kami juga meminta Gubernur dan DPRD Provinsi Jabar mengambil langkah tegas terkait aktivitas tersebut. Sesuai yang dijanjikan dimana Jabar sebagai green province," katanya.

Catatan Pemain Termuda Persib Bandung Beckham Putra di Piala Indonesia dan Piala Presiden

Kebakaran Hanguskan 5 Rumah dan Rusak 2 Rumah Lainnya di Jatinangor

Konser ke-10 Bina Bangsa School Music Ensemble Concert di Dago Tea House Teater Bandung [VIDEO]

Penulis: Ery Chandra
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved