Catat Nih, Ini Empat Rumah Sakit di Kota Bandung yang Tidak Melayani Pasien BPJS Kesehatan

Di Kota Bandung kini tinggal empat rumah sakit yang belum melayani pasien BPJS Kesehatan yaitu

Catat Nih, Ini Empat Rumah Sakit di Kota Bandung yang Tidak Melayani Pasien BPJS Kesehatan
NET
Ilustrasi logo BPJS Kesehatan 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Tiah SM

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Di Kota Bandung kini tinggal empat rumah sakit yang belum melayani pasien BPJS Kesehatan yaitu RS Halmahera, RSIA Limijati, RSU Melinda I, dan RSIA Grha Bunda.

"Di Kota Bandung ada 35 rumah sakit, soal kenapa empat rumah sakit itu belum bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, itu pihak BPJS yang lebih mengerti,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Rita Verita di Balai Kota Bandung, Jumat (15/3/2019).

Rita memastikan, saat ini sudah 97,96 persen warga Kota Bandung terdaftar layanan BPJS Kesehatan. Hal itu tercapai melalui koordinasi dengan dewan legislatif dan BPJS Kesehatan, Dinkes Kota Bandung terus berupaya mewujudkan Universal Health Coverage (UHC) di Kota Bandung.

Menurut Rita, upaya tersebut sebagai wujud perlindungan Pemkot Bandung agar seluruh warga kota mendapatkan layanan kesehatan yang berkualitas, dekat, dan terjangkau.

Soal masih ada rumah sakit yang belum menerima pasien BPJS Kesehatan, Rita setuju jika rumah sakit yang belum bekerja sama dengan BPJS Kesehatan memberikan pengumuman kepada calon pasiennya.

Dengan begitu, warga bisa menentukan rumah sakit yang tepat untuk melayani pengobatannya. Rita mengatakan, selama ini Dinkes Kota Bandung selalu membina rumah sakit. Hal itu secara rutin setiap tiga bulan.

Sorlip di Kota Bandung Belum Rampung, 36 Ribu Surat Suara Pemilu 2019 Rusak

“Kalau ada kasus, langsung kami tindaklanjuti dengan memanggil rumah sakit. Kami bina untuk memperbaiki dan diberitahukan hal-hal yang sebetulnya tidak boleh atau kurang tepat dilakukan rumah sakit," ujar Rita.

Menurut Rita, pembinaan terhadap rumah sakit itu penting untuk menjaga masyarakat Kota Bandung tetap terlayani dengan baik. Sebagai pembina, Dinkes berkewajiban untuk menyampaikan aturan-aturan terbaru, menindaklanjuti keluhan warga, dan mendorong rumah sakit untuk memberikan pelayanan terbaik.


Penulis: Tiah SM
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved