Bappeda dan TAP Buat Skema KPBU untuk LRT Bandung Raya dan TPPAS Legoknangka

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jabar bersama Tim Akselerasi Pembangunan (TAP) Jabar

Bappeda dan TAP Buat Skema KPBU untuk LRT Bandung Raya dan TPPAS Legoknangka
Tribun Jabar/Gani Kurniawan
LRT Bandung 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jabar bersama Tim Akselerasi Pembangunan (TAP) Jabar tinggal mempertajam skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU). Selama ini, sejumlah pembangunan terhambat akibat skema KBPU yang kurang terkoordinasi baik.

Kepala Bappeda Jabar Taufiq BS mengatakan pihaknya bersama TAP saat ini secara maraton tengah mematangkan pembentukan Simpul KPBU yang nantinya akan mengelola berbagai proyek yang memakai skema KPBU di Jabar.

“Sebelum menjadi Simpul KPBU, kami bersama TAP menyiapkan rancangan Simpul KPBU-nya. Simpul KPBU ini dibuat untuk menyatukan proyek-proyek tadi dalam satu koordinasi. Nanti fasilitasi, pembinaan, dan monitoring evaluasi dilakukan di simpul ini,” katanya di Bandung, Jumat (15/3/2019).

Walaupun skema KPBU bukan barang baru dalam hal pembiayaan infrastruktur, Taufiq mengakui dari kolaborasinya bersama TAP, mencatat kelemahan Pemprov Jabar selama ini tidak memiliki simpul skema tersebut.

Untuk mengatasi hal tersebut ke depan, akan dibentuk sebuah unit khusus Simpul KPBU di Bappeda Jabar yang diatur oleh payung hukum keputusan gubernur. Nantinya akan ada jabatan Kepala Simpul KPBU.

“Kami dibantu TAP yang merupakan orang-orang profesional, mereka punya jaringan luas dengan pemerintah pusat, sehingga sangat membantu pelaksanaan dan percepatan KPBU ini,” katanya.

Menurutnya setelah proses ini selesai, akan dilanjutkan Bappeda dengan merancang proyek-proyek infrastruktur yang bisa ditawarkan pada investor lewat skema KPBU. Dari identifikasi awal, TAP dan Bappeda mencatat ada 19 proyek yang bisa ditawarkan.

“Totalnya Rp 29 triliun, tapi dari 19 itu yang kita lihat siap ada 5 proyek, dari 5 itu 3 paling siap,” ujarnya.

Kuliner Asyik dengan Aneka Menu Geprek Berselera di Ayam Geprek Chicago Kota Bandung

Tiga proyek tersebut antara lain Tempat Pemrosesan dan Pengelolaan Akhir Sampah (TPPAS) Legoknangka, LRT Bandung Raya, dan SPAM Bandung Raya. Kesiapan proyek-proyek ini kemudian ditindaklanjuti dengan penyiapan detil proyek tersebut.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved