Upah Petugas Sorlip Surat Suara di Kota Cimahi Naik Lima Rupiah, dari Rp 75 jadi Rp 80 Per Lembar

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi menaikan upah untuk petugas sortir lipat (sorlip) surat surat Pemilu 2019 di Kota Cimahi

Upah Petugas Sorlip Surat Suara di Kota Cimahi Naik Lima Rupiah, dari Rp 75 jadi Rp 80 Per Lembar
Tribunjabar/Hilman Kamaludin
Petugas saat menyimpan surat suara yang akan disorlip di Gudang Hardjuno, Kota Cimahi, Kamis (14/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi menaikan upah untuk petugas sortir lipat (sorlip) surat surat Pemilu 2019 di Kota Cimahi dari Rp 75 rupiah per lembar dinaikan menjadi Rp 80 rupiah per lembar.

Sorlip surat suara tersebut akan dipusatkan di dua tempat. Untuk surat suara DPR, DPD, DPRD Provinsi dan Pilpres akan berlangsung di Gedung SGS Hardjuno dan sorlip surat suara DPRD Kota Cimahi akan dilaksanakan di Gedung LKMD, mulai Jumat (14/3/2019).

Komisioner KPU Kota Cimahi, Djayadi Rachmat, mengatakan, dinaikannya upah tersebut karena anggarannya masih mencukupi dengan total dana Rp 140 juta untuk kegiatan sorlip tersebut.

"Bayarannya jadi Rp 80 perak asalnya Rp 75 perak. Targetnya per orang bisa sorlip surat suara sampai 1.500 lembar per hari," ujarnya saat ditemui di Gudang Hardjuno, Jalan Encep Kartawirya, Kota Cimahi, Kamis (14/3/2019).

Estimasinya, kata dia, sorlip surat suara tersebut harus selesai 15 hingga 20 hari ke depan dengan waktu pengerjaan setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga selesai.

"Jadi pengerjaannya setiap hari, jalan terus agar selesai tepat waktu. Dengan bayaran sebesar itu mereka (petugas sorlip) tetap menerima," katanya.

Untuk Sorlip surat suara itu, kata dia KPU Kota Cimahi baru menyiapkan sekitar 200 petugas yang diambil dari warga sekitar Kota Cimahi.

Harga Mahar Syahrini dari Reino Barack Ditaksir Capai Rp 40 Miliar, Termasuk Berlian Terbaik Dunia

"Namun, jumlah petugas tersebut masih bisa ditambah karena harus disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk sementara sudah ada 200 orang. Mudah-mudahan bisa ditambah lagi," ucapnya.

Total jumlah para petugas sorlip tersebut harus, menyelesaikan pengerjaannya sebanyak, 1.555.595 lembar surat suara. Rinciannya, 1.663.964 untuk pemilihan DPR RI, DPD RI dan DPRD Provinsi, serta 393.901 surat suara untuk pemilihan DPRD Kota Cimahi.

Selain, itu tugas mereka juga harus melakukan sorlip surat suara untuk Pilpres yang hingga saat ini belum diterima oleh KPU Kota Cimahi.

Sebanyak 600 Orang akan Mulai Melipat Surat Suara Pemilu 2019 di Kabupaten Cirebon

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved