Sebanyak 600 Orang akan Mulai Melipat Surat Suara Pemilu 2019 di Kabupaten Cirebon

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon akan mulai menyortir dan melipat surat suara Pemilu 2019 pada pekan ini.

Sebanyak 600 Orang akan Mulai Melipat Surat Suara Pemilu 2019 di Kabupaten Cirebon
Tribun Jabar/ Siti Masithoh
Petugas KPU Kabupaten Cirebon sedang memindahkan kardus berisi surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden dari kontainer ke dalam gudang logistik di BLK Plumbon, Kabupaten Cirebon, Selasa (12/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Masithoh

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon akan mulai menyortir dan melipat surat suara Pemilu 2019 pada pekan ini.

Rencananya, proses sorlip akan dimulai pada Jumat (15/3/2019) dengan melibatkan 600 orang yang bertempat di Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Plumbon, Kabupaten Cirebon.

Saat ini surat suara yang sudah diterima KPU Kabupaten Cirebon adalah surat suara Pilpres 2019 dan Pileg DPR RI.

Sedangkan tiga jenis surat suara yang belum dikirim adalah surat suara Pileg DPRD Jawa Barat, DPD RI, dan DPRD Kabupaten Cirebon.

"Sorlip nantinya akan berbarengan dengan kedatangan kiriman surat suara untuk DPD dari Bandung. Sedangkan untuk surat suara DPRD Jawa Barat Dapil 12 dan DPRD Kabupaten Cirebon Dapil 1-7 akan juga datang dari Kudus. Nantiya semuanya akan dilakukan Sorlip," kata Komisioner Divisi Teknis KPU Kabupaten Cirebon, Marzuki, saat ditemui di Tuparev, Cirebon, Kamis (14/3/2019).

KPU Kabupaten Cirebon Gelar Bimtek P2S kepada Seluruh PPK [VIDEO]

KPU Kota Cirebon Masih Hitung Jumlah Surat Suara Rusak

Berdasarkan pantauan Tribun Jabar, empat gudang penyimpanan logistik pemilu yang berlokasi di empat titik masih dijaga ketat petugas yang berwenang.

KPU Kabupaten Cirebon menyimpang logistik Pemilu 2019 di empat lokasi, yaitu Gedung Balai Latihan Kerja di Plumbon, Gedung BKPSDM, Gedung milik aset Pemkab di Plumbon, serta gedung penyimpanan lama.

Sejalan dengan itu, proses penerimaan pendaftaran Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) juga masih berjalan hingga tanggal 28 Maret mendatang.

Sejauh ini, ada banyak panitia yang mendaftarkan diri menjadi KPPS. Teknisnya, KPU juga memetakan bahwa nantinya satu TPS membutuhkan tujuh orang petugas.

Nantinya, mereka akan ditempatkan pada setiap TPS yang jumlahnya mencapai 6.748 TPS. Sehingga kebutuhan akan KPPS yang dibutuhkan sebanyak 47.236 orang yang akan ditempatkan di semua TPS.

Seperti diketahui, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Kabupaten Cirebon tercatat sebanyak 1.702.668 orang.

"Sejauh ini semua prosesnnya lancar dan nantinya KPPS dilantik tanggal 10 April. Jumlah tersebut belum termasuk ditambah dua perugas ketertiban di setiap TPS. Tapi kalau Linmas itu kita minta bantuan ke Pemda," ujar Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Saefuddin Jazuli.

KPU Kabupaten Cirebon Gelar Bimtek P2S kepada Seluruh PPK

KPU Kota Bandung Memanggil Masyarakat untuk Menjadi Petugas KPPS Pemilu 2019

Penulis: Siti Masithoh
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved