Kabupaten Cirebon Targetkan Jadi Kabupaten Layak Anak Tahun Ini

Hal itu merupakan upaya Pemkab Cirebon dalam meningkatkan predikat kabupaten layak anak (KLA) dari tingkat pratama ke tingkat madya

Kabupaten Cirebon Targetkan Jadi Kabupaten Layak Anak Tahun Ini
Tribun Jabar/ theofilus Richard
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise, mengunjungi Festival Kota Layak Anak dan peluncuran Sekoper Cinta, Sabuga, Bandung, Minggu (16/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Masithoh

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON- Pengadaan ruang publik ramah anak di tingkat desa yang dananya bersumber dari dana desa tahun 2019 ini merupakan inovasi dan terobosan baru yang dilakukan oleh Pemkab Cirebon.

Hal itu merupakan upaya Pemkab Cirebon dalam meningkatkan predikat kabupaten layak anak (KLA) dari tingkat pratama ke tingkat madya atau bahkan tingkat utama.

Kabid Perlindungan Anak dan Perempuan (PPA) Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A), Wiwin Winarnih, mengatakan, inti program KLA adalah upaya pemerintah dalam pemenuhan hak-hak anak mulai dari perencanaan sampai pada pelaksanaan yang berbasis hak anak yang dibangun dari bawah.

Menurutnya, beruntung jika tahun ini anggaran dana desa sudah menyentuh dan mendukung ruang publik ramah anak.

"Makannya nanti kalau ke desa-desa, tanyakan kepada kepala desanya, apakah sudah ada ruang publik ramah anak di desanya," katanya saat ditemui di Sumber, Cirebon, Kamis (14/3/2019).

Buat Infrastruktur Layak Anak, Sejumlah Kabupaten dan Kota Terima Penghargaan dari Kementerian PPPA

Baru 389 Kabupaten Kota di Indonesia yang Layak Anak

Ia menambahkan, ruang publik ramah anak itu akan menjadi indikator dari beberapa indikator dalam 5 cluster penilaian untuk peningkatan predikat KLA Kabupaten Cirebon.

"Nanti kami inventarisasi, kami foto sebagai penilaian KLA," ujarnya.

Dia menjelaskan, KLA merupakan suatu sistem pembangunan yang berbasis pada hak-hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumberdaya pemerintah, masyarakat, dunia usaha dan media massa yang terencana secara menyeluruh berkelanjutan, tertuang dalam kebijakan program dan kegiatan untuk pemenuhan hak anak.

"Alhamdulillah, sejak 2015 hingga 2018 Kabupaten Cirebon sudah mendapat predikat tingkat pratama," katanya.

Halaman
12
Penulis: Siti Masithoh
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved