Kuliner Bandung

Cerita Penjual Baso Tahu Menggunakan Kata 'Hokkie' di Gerobak, Bukan Peruntungan Tapi Ini Artinya!

Ternyata penamaan kata Hokkie tersebut adalah sebuah merek pedagang baso tahu asal China yang pertama kali berjualan di Bandung.

Cerita Penjual Baso Tahu Menggunakan Kata 'Hokkie' di Gerobak, Bukan Peruntungan Tapi Ini Artinya!
Istimewa
Gerobak baso tahu memasang kata "Hokkie." 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Pulloh Anwari

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Penamaan gerobak-gerobak pedagang baso tahu memiliki keunikan dan menjadi ciri khas masing-masing.

Di sebagian gerobak pedagang baso tahu ada yang menuliskan "Hokkie."

Ternyata penamaan kata Hokkie tersebut adalah sebuah merek pedagang baso tahu asal China yang pertama kali berjualan di Bandung.

Menurut salah seorang pedagang baso tahu, Munir (54), yang gerobak baso tahunya memiliki nama Hokkie, mengatakan penamaan kata Hokkie bukan artian hoki atau peruntungan, akan tetapi sebuah merek penjual baso tahu pertama di Bandung asal China.

"Ya yang saya tahu, dulu penjual baso tahu orang China pertama di Bandung, tempatnya di Kebun Siri Bandung, itu sekitar tahun 2000," ujar Munid kepada Tribun Jabar di Jalan Supratman, Kota Bandung, Rabu (13/3/2019).

Kata "Hokkie" menjadi populer dan diindentikan dengan baso tahu hingga sekarang dan hampir semua gerobak baso tahu di Kota Bandung ada tulisan Hokkie.

Ada Pemuda Ngamuk Rusak dan Banting Motor Lagi, Tak Terima Ditilang Polisi, Ini Aksinya!

Munir yang sudah berjualan baso tahu dari tahun 2005 dan sudah memakai kata hokkie digerobaknya tersebut berpengaruh terhadap penjualannya itu.

"Penamaan Hokkie berpengaruh terhadap penjualannya, karena sudah identik dengan kata Hokkie mungkin ya," ujarnya

Sementara itu, menurut penjual baso tahu lain bernama Imong (48) yang sama menggunakan kata Hokkie di gerobaknya, mengatakan, arti kata Hokkie dikenal sebagai kata China yang berarti rezeki.

"Hokkie merupakan kata lain dari rezeki, hokkie lebih terkenal dari bahasa china," ujar Imong saat ditemui Tribun Jabar dilokasi jualannya, di Saparua, Kota Bandung.

Hal serupa dikatakan Imong, kata Hokkie diambil dari seorang asal China pertama jualan baso tahu di Bandung.

"Iyaa yang pertama penjual baso tahu di Bandung tepatnya di Kebon Siri Bandung, cuman sekarang punya restaurant di Jalan Jenderal Sudirman," ujar Imong.

Imong menambahkan terkait maraknya penamaan kata Hokkie di gerobak baso tahu, menurutnya itu tak berpengaruh terhadap penjualannya tersebut.

"Ngga ada pengaruh terhadap penjualan, ini mah buat penamaan di gerobak saja, soalnya sudah banyak di gerobak baso dengan nama Hokkie," ujarnya.

Penulis: Syarif Pulloh Anwari
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved