Calon Sekda Kota Bandung yang Diusulkan Emil Bakal Jadi Saksi Kasus yang Membelit Itoc Tochija

Calon sekda Kota Bandung yang diusulkan Emil bakal jadi saksi kasus yang membelit Itoc Tochija.

Calon Sekda Kota Bandung yang Diusulkan Emil Bakal Jadi Saksi Kasus yang Membelit Itoc Tochija
Tribunjabar/Mega Nugraha
Itoc Tochija menjalani sidang dakwaan kasus korupsi dana penyertaan modal di Pengadilan Tipikor Bandung, Senin (11/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Benny Bachtiar bakal jadi saksi di persidangan kasus korupsi penyimpangan dana APBD Cimahi 2006 dan 2007 dengan terdakwa eks Walikota Cimahi, Itoc Tohija.

Sidang perdana kasus itu sudah digelar di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Bandung, Senin (11/3/2019).

"Nama-nama yang ada di dakwaan insya Allah jadi saksi, tapi tidak seluruhnya. Yang itu (Benny Bachtiar) masuk sepertinya," ujar Kejari Cimahi, Harjo via pesan elektroniknya, Kamis (14/3/2019).

Dalam dakwaan jaksa penuntut umum, ‎saat kejadian itu, Benny Bachtiar menjabat Kasubbid Perencanaan Pendapatan dan Anggaran Belanja.

Kasus itu bermula saat Pemkot Cimahi menyertakan modal Rp 42 miliar ke PT Lingga Buana Wisesa melalui PD Jati Mandiri, untuk membangun Pasar Cibeureum dan Sub Terminal Cimahi di lahan lebih dari 2,400 hektare.

Idris Ismail selaku direktur PT Lingga Buana Wisesa bersedia menyediakan lahan dan Pemkot Cimahi melalui BUMD PD Jati Mandiri menyediakan dana.

Namun, belakangan lahan itu masih sengketa. ‎

Hingga bertahun-tahun, pembangunan tak kunjung selesai dan kesepakatan antara Pemkot Cimahi dengan PT Lingga Buana Wisesa berakhir dengan sejumlah kesepakatan.

Salah satunya, pembagian uang dari penyertaan modal tersebut. Idris Ismail yang semula hanya menyediakan lahan tapi ternyata lahan tersebut masih sengketa, tiba-tiba ketiban uang Rp 37 miliar dari pembagian uang tersebut.

Halaman
12
Penulis: Mega Nugraha
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved