209 Desa di Kabupaten Cirebon Sudah Ditetapkan Sebagai Desa Sadar Hukum

Sebanyak 209 dari 412 desa di Kabupaten Cirebon sudah ditetapkan sebagai desa sadar hukum oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI.

209 Desa di Kabupaten Cirebon Sudah Ditetapkan Sebagai Desa Sadar Hukum
TRIBUN JABAR/SITI MASITHOH
Pembinaan Desa Sadar Hukum Provinsi Jawa Barat tahun 2019 di Setda Kabupaten Cirebon, Kamis (14/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Masithoh

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Sebanyak 209 dari 412 desa di Kabupaten Cirebon sudah ditetapkan sebagai desa sadar hukum oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI.

Setiap tahunnya, desa tersebut mendapatkan pembinaan dari Pemprov Jabar untuk terus melaksanakan program tersebut.

Staf Kantor Biro Hukum dan HAM Jawa Barat, Supriyadi, menjelaskan, desa sadar hukum setidaknya harus memiliki empat dimensi yaitu hukum, implementasi hukum, azas keadilan, serta regulasi dan demokrasi.

"Desa sadar hukum ini bisa ditetapkan bila ada kelompok sadar hukum, media untuk mengakses masalah hukum, perpustakaan hukum, dan hal lainnya yang berkaitan dengan hukum," katanya saat ditemui di Setda Kabupaten Cirebon, Kamis (14/3/2019).

KPU Kabupaten Cirebon Gelar Bimtek P2S kepada Seluruh PPK [VIDEO]

Ia menambahkan, adanya desa sadar hukum bisa menekan angka kriminalitas, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) rendah, dan menurunkan angka pernikahan di bawah umur.

"Sadar hukum ini juga bisa diterapkan dalam proses pemilihan kepala desa dan bagaimana desa melibatkan masyarakat dalam membuat regulasi," tambahnya.

Program desa sadar hukum sendiri, baru diterapkan di Jawa Barat. Ada 17 kabupaten dan kota yang sudah menerapkan program tersebut.

"Program ini sejak tahun 2013. Setiap tahunnya selalu ada pembinaan. Kali ini di Kabupaten Cirebon ada perwakilan dari 25 desa. Sisanya sudah mendapatkan pembinaan," kata dia.

Hanya Satu Lahan yang Bisa Dipakai Bangun TPA di Kabupaten Cirebon, Tahun Ini

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cirebon, Rahmat Sutrisno, mengatakan, pihaknya sangat terbantu dengan program tersebut terutama membentuk komunitas sadar hukum di desa-desa.

"Program ini akan membuat desa tentram dan damai.Yang belum diharapkan bersiap diri. Kita tidak perlu menunjuk desa tersebut, melainkan ada kesadaran ingin menjadi desa sadar hukum," kata Rahmat.

Seluruh Dunia Melarang Terbang Pesawat 737 MAX, CEO Boein Tanggapi Begini

Habib Bahar : Saya Sampaikan Kepada Jokowi, Tunggu Saya Keluar [VIDEO]

Penulis: Siti Masithoh
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved