Tingkatkan Ekonomi, Pemkab Purwakarta Imbau Masyarakat Manfaatkan Pariwisata di Purwakarta

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta melalui Disporaparbud berupaya mengajak masyarakat sadar besarnya potensi ekonomi di sektor pariwisata.

Tingkatkan Ekonomi, Pemkab Purwakarta Imbau Masyarakat Manfaatkan Pariwisata di Purwakarta
TRIBUN JABAR
Air Mancur Taman Sri Baduga Purwakarta 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta melalui Disporaparbud berupaya mengajak masyarakat  sadar besarnya potensi ekonomi di sektor pariwisata.

Sebab, masyarakat Purwakarta dianggap masih kurang peka dalam menggali potensi ekonomi pariwisata di wilayahnya masing-masing.

Kepala Bidang Pariwisata dan Kebudayaan Diaporaparbud Purwakarta, Heri Anwar, mengatakan masyarakat harusnya turut andil dalam pengembangan pariwisata di wilayahnya.

"Potensi perekonomian itu bisa dengan berdagang kecil-kecilan, tapi dengan harga yang tidak terlalu mahal. Intinya, bagaimana caranya supaya pengunjung betah dan mau datang lagi ke lokasi itu," kata Heri saat ditemui di kantornya, Sindangkasih, Purwakarta, Rabu (13/3/2019).

Tidak Semua Pemain Muda Main di Piala Presiden 2019, Ini Alasan Miljan Radovic

Wakil Bupati Purwakarta Panjat Tower Setinggi 40 meter Selamatkan Orang yang Mau Bunuh Diri

Sebagai contoh, di satu desa ada potensi tempat wisata yang jumlah kunjungannya cukup tinggi. Masyarakat di wilayah tersebut bisa menjadi bagian atau terlibat dalam pariwisata itu sendiri. 

Heri menyebut warga setempat bisa menjadi pemandu wisata maupun sekedar penunjuk arah menuju lokasi wisata.

Dengan begitu, warga pun turut memiliki andil dalam pengembangan pariwisata di wilayahnya. Termasuk meningkatkan kualitas perekonomiannya sendiri.

"Potensi-potensi ekonomi di sektor wisata ini yang harus dikelola dengan baik oleh masyarakat sendiri. Karena dari tempat itulah dapat memajukan perekonomian mereka," ucapnya menambahkan.

Sebab, menurutnya jika warga sadar akan wisata, dipastikan bakal berimplikasi dan tentunya secara otomatis bisa mendorong perekonomian.

Oleh karena itu, pihaknya akan mendorong masyarakat supaya sadar wisata. Dengan begitu bisa mengembangkan seluruh potensi agro bisnis di sektor wisata yang ada di wilayahnya.

Salah satu caranya yaitu melakukan pembinaan langsung ke masyarakat.

"Sejauh ini, kami sudah membina di beberapa kecamatan yang memiliki lokasi wisata, responnya cukup baik," ujarnya.

Heri menjelaskan tujuan kegiatan pemhinaan juga tak lain supaya masyarakat turut membantu pemerintah mempertahankan kemasyuran pariwisata di Purwakarta.

Tapi, selain mendorong dari sisi masyarakat, Heri mengaku pihaknya pun terus mendorong pengelola wisata supaya terus berkreasi dan bikin inovasi baru.

Dishub Kota Cimahi Kerap Gelar Razia Parkir Liar, Masih Banyak Pengendara yang Bandel

Senjakala Produksi Tikar Mendong Khas Tasikmalaya, Produk Unggulan yang Ditelantarkan Pemerintah

Penulis: Haryanto
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved