Proses Sorlip Surat Suara di Purwakarta Sudah Hampir Selesai, Ada Ratusan Surat Suara yang Rusak

KPU Purwakarta baru menyelesaikan 80 persen proses sortir dan lipat (sorlip) surat suara untuk Pemilu 2019.

Proses Sorlip Surat Suara di Purwakarta Sudah Hampir Selesai, Ada Ratusan Surat Suara yang Rusak
tribunjabar/haryanto
petugas Sorlip dari KPU Purwakarta saat sedang bertugas melipat surat suara untuk Pilpres 2019 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - KPU Purwakarta baru menyelesaikan 80 persen proses sortir dan lipat (sorlip) surat suara untuk Pemilu 2019.

Ketua KPU Purwakarta, Ahmad Ikhsan Faturrahman mengatakan surat suara untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) dan anggota DPD RI telah selesai dilakukan sorlip.

"Surat suara Pilpres yang rusak dan tidak bisa digunakan ada 508 lembar, lalu surat suara yang baik dan bisa digunakan saat pemilu nanti sebanyak 700.034 lembar," kata Ahmad saat ditemui di kantornya, Jalan Flamboyan, Nagri Kaler, Purwakarta, Rabu (13/3/2019).

Selain itu, surat suara untuk pemilihan anggota DPD RI di KPU Purwakarta pun ada yang mengalami kerusakan dan tidak bisa digunakan.

Ahmad menyebut ada 145 lembar surat suara untuk DPD RI yang rusak, serta 700.697 lembar surat suara dalam kondisi baik dan laik digunakan.

Ia menjelaskan bahwa ada selisih 300 lembar surat suara untuk Pilpres dan 380 lembar untuk DPD RI antara data penerimaan surat suara dan hasil akhir sorlip.

Sebab diketahui, pada data berita acara penerimaan surat suara Pilpres dan DPD RI, KPU Purwakarta menerima masing-masing 700.842 lembar.

Sedangkan hasil sorlip, surat suara yang baik dijumlah dengan yang rusak jumlahnya tidak sesuai dengan lembaran yang seharusnya diterima tersebut.

"Yang kami terima awal itu adalah jumlah berdasarkan berita acara pengiriman, bukan berdasarkan kebutuhan. Jadi selisih yang 300an lembar itu adalah bagian dari kekurangan pengiriman," katanya.

Jaksa Sebut Dua Saksi tapi Tak Ada Bukti Joko Memukul Haringga Sirla, Pengacara : Joko Harus Bebas

Halaman
12
Penulis: Haryanto
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved