KPU Kabupaten Cirebon Gelar Bimtek P2S kepada Seluruh PPK

KPU Kabupaten Cirebon menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemungutan dan Penghitungan Suara serta rekapitulasi perolehan suara, Rabu (13/3/2019).

KPU Kabupaten Cirebon Gelar Bimtek P2S kepada Seluruh PPK
TRIBUN JABAR/SITI MASITHOH
Bimbingan teknis (Bimtek) Pemungutan dan Penghitungan Suara oleh KPU Kabupaten Cirebon di Hotel Apita Cirebon, Rabu (13/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Masithoh

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - KPU Kabupaten Cirebon menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemungutan dan Penghitungan Suara serta rekapitulasi perolehan suara pada Pemilu 2019 kepada PPK dari 40 kecamatan di Hotel Apita Cirebon, Rabu (13/3/2019).

Kegiatan tersebut diisi langsung oleh pemateri baik dari Komisioner KPU Jawa Barat serta Komisioner KPU Kabupaten Cirebon.

Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Saefuddin Jazuli, mengatakan, kegiatan Bimtek yang dilakukan dirasa sangat penting bagi penyelenggara pemilu di semua tingkatan.

Menurutnya, Bimtek diperuntukkan kepada seluruh PPK se-Kabupaten untuk bisa ditularkan kembali hasil yang diberikan kepada penyelenggara pemilu tingkat PPS.

"Bimtek ini sebagai pertaruhaan. Seperti halnya persiapan hajatan, maka dalam kesiapannya harus matang agar berjalan sesuai mekanisme yang diharapkan," kata Saefuddin saat menyampaikan sambutan pada kegiatan tersebut.

Menurutnya, dalam pengertian Bimtek kali ini tentunya peserta wajib menguasai hal teknis dalam setiap tahapan pemilu. Karena, bimtek akan dilakukan 3 kali pada tingkat PPK, sehingga agar bisa dimengerti yang kemudian ditindaklanjuti kepada PPS.

Dua Jenis Surat Suara Tiba di Kabupaten Cirebon, KPU Tunggu Surat Suara Cadangan

"Tidak boleh ada pandangan lain atau second opinion dalam penerapan regulasi pemilu namun harus satu garis. Sehingga ini menjadi penentu dalam regulasinya," katanya.

Menurutnya, penerapan regulasi dan aturan yang benar dalam pemilu maka akan sangat berpotensi sekali dampak yang dirasakan untuk hasil yang bisa memperkuat kinerja yang positif juga potensi ketidaksinkronan antara penerapan dan regulasi.

"Jadi ini dirasa penting dalam bimtek yang diberikan sebagai ajang memperkuat pengetahuna. Mengingat, inggal 35 hari kedepan waktu hari H," katanya.

Komisioner Divisi Teknis KPU Kabupaten Cirebon, Marzuki, mengatakan, kegiatan Bimtek saat ini dikhususkan penyampaian pemungutan dan penghitungan suara (P2S).

Megahnya Masjid Al Jabbar di Gedebage, Ada Kubah Dilapisi Kaca Warna-warni [VIDEO]

"PPK ini nanti mempunyai tugas menyampaikan Bimtek ke KPPS. Garda depannya memang di KPPS karena mereka yang akan mengisi formulir C1. Bimtek ini bisa disampaikan dari tingkat PPK ke PPS, lalu dari PPS ke KPPS," katanya.

Ia berharap, Bimtek P2S menjadi permulaan untuk Bimtek selanjutnya yang akan diterapkan simulasi.

"Pengetahuan ini digunakan untuk tanggal 17 April, saya rasa ini tidak terlambat. Sambil menunggu persiapan yang lainnya," kata Marzuki kepada Tribun Jabar.

BREAKING NEWS - Sudah di Jakarta, Jasad Nuryanto Langsung Dibawa ke Rumah Duka di Baleendah Hari Ini

Pasca-Heboh Ditemukan Situs Purbakala, Proyek Tol Pandaan-Malang Digeser ke Bantaran Sungai

Stadion Kosong Saat Persib Tarung, Radovic Minta 2 Hal dari Bobotoh


Penulis: Siti Masithoh
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved