Bupati Garut Akan Segera Bantu Keluarga Lilis, 42 Ribu Rutilahu Diperbaiki Hingga 2024

Bupati Garut, Rudy Gunawan akan segera membantu keluarga Lilis warga Kampung Kertasari, Desa Cimurah, Kecamatan Karangpawitan yang rumahnya ambruk

Bupati Garut Akan Segera Bantu Keluarga Lilis, 42 Ribu Rutilahu Diperbaiki Hingga 2024
TRIBUN JABAR/FIRMAN WIJAKSANA
Rumah Lilis (55), warga Kampung Kertasari, Desa Cimurah, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut ambruk sejak tiga bulan lalu karena diterjang angin kencang pada Desember 2018. Foto diambil Jumat (8/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Bupati Garut, Rudy Gunawan akan segera membantu keluarga Lilis (55) warga Kampung Kertasari, Desa Cimurah, Kecamatan Karangpawitan yang rumahnya ambruk. Lilis terpaksa harus menumpang ke rumah kerabatnya karena tak memiliki biaya perbaikan rumah.

Selain rumah milik Lilis, Rudy juga akan membantu keluarga lainnya yang masih tinggal di rumah tidak layak huni (rutilahu) yang ada di wilayah tersebut.

"Ada enam rumah yang akan diperbaiki. Kami gunakan anggaran dari Garut Peduli dan Baznas," ujar Rudy Gunawan kepada wartawan di Lapangan Setda Garut, Senin (11/3/2019).

Rudy mengaku saat ini dirinya banyak menerima laporan terkait keberadaan rutilahu. Khususnya di Kecamatan Karangpawitan.

"Ini saya tahu ada rumah tidak layak huni di Karangpawitan dari laporan anggota dewan dapil sana. Nanti akan kami cek lagi," katanya.

Terkait kondisi Lilis, Rudy mengaku belum mengetahui secara pasti kondisi warganya yang tinggal direruntuhan rumahnya yang ambruk itu.

"Saya tidak tahu informasi. Hari ini (kemarin) kami akan cek ke sana. Kalau benar begitu (tinggal di reruntuhan) kami akan segera bantu, " ucapnya.

KPU Garut Mulai Lakukan Pelipatan Surat Suara

Rudy mengatakan, saat ini di Kabupaten Garut ada 42 ribu rutilahu yang tersebar di seluruh kecamatan. Dengan kondisi itu, pihaknya terus melakukan upaya dengan meluncurkan program perbaikan rutilahu.

"42 ribu itu yang terdata, kalau dengan yang tidak terdata diperkirakan sampai 50 ribuan Rutilahu. Walau data di dinas itu cuma 35 ribuan," katanya.

Halaman
123
Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved