BKKBN Jawa Barat bersama Komisi IX DPR RI Sosialisasi Program Genre di Desa Tegal Waru

Badan Kependudukan dan Keluraga Berencana Nasional (BKKBN) Jabar bersama Komisi IX DPR RI kembali menggelar Sosialisasi Program Generasi Berencana

BKKBN Jawa Barat bersama Komisi IX DPR RI Sosialisasi Program Genre di Desa Tegal Waru
ISTIMEWA
Badan Kependudukan dan Keluraga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Barat bersama Komisi IX DPR RI kembali menggelar Sosialisasi Program Generasi Berencana (Genre) di Desa Tegal Waru, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Minggu (10/3/2019) 

TRIBUNJABAR.ID, BOGOR - Badan Kependudukan dan Keluraga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Barat bersama Komisi IX DPR RI kembali menggelar Sosialisasi Program Generasi Berencana (Genre).

Sosialisasi kali ini digelar di Desa Tegal Waru, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Minggu (10/3/2019) yang menghadirkan anggota Komisi IX DPR RI, Nurmansyah Tanjung serta para perwakilan BKKBN Jabar dan Kabupaten Bogor.

“Laki-laki dan perempuan semua mempunyai alat reproduksi. Alat reproduksi itu harus dijaga. Kapan harus menjaganya? Yaitu sejak kita lahir. Pelecehan seksual itu biasanya dilakukan oleh orang terdekat, karena itu orang tua harus mengajarkan serta memberi tahu bahwa yang dapat menyentuh alat reproduksinya sebelum menikah hanya dirinya sendiri dan orang tua ketika belum menginjak di usia dewasa," kata Nurmansyah saat memberikan sambutan yang sekaligus menjadi pembuka kegiatan sosialisasi tersebut.

Selain itu Nurmansyah juga menjelaskan bahwa pendidikan keagamaan dari orang tua bagi anak-anaknya sangat penting untuk membentengi perilaku dalam pergaulannya bersama teman dan lingkungannya.

"Transformasi spiritual dalam keluarga itu sangat penting, karena di sana akan timbul rasa cinta kasih, perlindungan untuk mewujudkan keluarga sakinah, mawadah dan warahmah. Berbicara tentang keluarga berencana, KB itu ditujukan bukan hanya untuk ibu, bapak pun harus punya peran untuk mewujudkan keluarga berencana, karena sejatinya program dari BKKBN ini yang bisa dilihat dari 8 fungsi keluarga sangat banyak manfaatnya khususnya untuk mensejahterakan keluarga," ujar Nurmansyah.

Sementara itu perwakilan dari BKKBN Provinisi Jawa Barat dan Kabupaten Bogor memberikan penjelasan tentang upaya membentuk generasi emas yang harus didukung dengan pembangunan karakter dan cara pengasuhan di dalam keluarga.

“Untuk membentuk generasi emas itu dimulai dari dalam kandungan, dengan adanya program seribu hari pertama kehidupan, diharapkan anak yang lahir akan menjadi anak yang tumbuh cerdas, sehat dan terampil. Setelah anak masuk usia balita, perlu ada pembangunan keluarga yang dimulai dari siklus anak balita melalui pengasuhan yang baik,” ucap Elly, selaku Perwakilan BKKBN Jabar.

Dengan adanya program tersebut, Elly mengharapkan generasi berencana khususnya di usia remaja, bisa dengan cerdas dan cermat dalam menentukan masa depan, jangan sampai terjerumus ke dalam hal-hal yang bisa merusak.

"Yang bisa merusak itu contohnya penggunaan narkoba selain buruk untuk kesehatan juga bisa mengakibatkan kematian, lalu seks pranikah yang bisa menyebabkan kehamilan di luar pernikahan, yang akhirnya terjadi pernikahan dini. Bukan tidak boleh menikah, tetapi kita harus pahami bahwa menikah itu harus siap segala-galanya, terlebih psikis kita karena membangun keluarga itu, tidak semudah membalikkan telapak tangan,” tambah Elly.

Pada sosialisasi di Kabupaten Bogor yang bukan sebagai kegiatan pertama kali itu, sesuai dengan rilis yang diterima Tribun Jabar, Senin (11/3/2019), dimeriahkan oleh penampilan kesenian daerah, dan pembagian banyak doorprize.

Selain dihadiri sejumlah warga yang antusias kegiatan itu juga dihadari para aparat desa dan kecamatan setempat dan kegiatan diakhiri dengan doa bersama. (*)

Kisah Pilu Yuda, Bocah 12 Tahun Sendirian Menunggui Ayahnya yang Idap Kanker Otak, Ibu Menghilang

Pesan Miljan Radovic untuk Bobotoh Menjelang Persib vs Perseru, Tidak untuk Saya, Untuk Pemain

Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved