Bawaslu Purwakarta Sarankan KPU agar Lebih Sering Gelar Simulasi Pemilu Serentak

Demi terciptanya pemilu serentak 2019 yang sukses, aman, dan damai di Purwakarta, Bawaslu desak KPU setempat agar simulasi pemilu

Bawaslu Purwakarta Sarankan KPU agar Lebih Sering Gelar Simulasi Pemilu Serentak
tribun batam
Pemilu 2019

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Demi terciptanya pemilu serentak 2019 yang sukses, aman, dan damai di Purwakarta, Bawaslu desak KPU setempat agar simulasi pemilu lebih diintensifkan.

Sebab diketahui pemilu yang akan dilakukan pada 17 April 2019 itu menjadi pemilu yang paling berbeda dengan pemilu sebelumnya di Indonesia.

Koordiv Pengawasan Bawaslu Purwakarta, Oyang Este Binos mengatakan semakin dekat dengan hari pencoblosan simulasi pemilu penting dilakukan.

Bahkan, Binos menyebut pihaknya telah sempat mengingatkan KPU untuk semakin memperbanyak simulasi pemilu.

"Sudah sempat kami sampaikan ke KPU, waktu rakor beberapa waktu lalu hal tersebut. Simulasi itu sangat penting dilakukan," kata Binos saat ditemui di kantornya, Nagri Tengah, Purwakarta, Senin (11/3/2019).

Dia mengatakan bahwa simulasi ini penting, guna memastikan tidak ada kesalahan teknis saat hari pemungutan suara berlansung.

Pertama, banyaknya petugas KPPS dengan pengalaman yang baru, di hampir semua TPS di Purwakarta. Hal ini tentu saja akan membuat cukup gagap mereka saat bertugas.

Menurutnya ada juga beberapa alasan diperlukannya simulasi, sebab diketahui pertama kali dilangsungkan pemilu serentak antara eksekutif maupun legislatif.

"Setidaknya ada 5 surat suara yang akan dicoblos pemilih dengan kotak suara yang juga berbeda beda. Perlu kejelian petugas mengarahkan pemilih," ucapnya.

Selama Sorlip Surat Suara, Petugas Tak Boleh Swafoto dan Makan Minum

Halaman
12
Penulis: Haryanto
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved