Masih Banyak APK Dipasang di Sembarang Tempat Padahal Bawaslu Sudah Sosialisasi

"Sosialisasi yang diberikan yaitu mengenai peraturan perundang-undangan tentang pemilu," kata Ade kepada Tribun Jabar saat dihubungi, Sabtu (9/3/2019)

Masih Banyak APK Dipasang di Sembarang Tempat Padahal Bawaslu Sudah Sosialisasi
Tribun Jabar/ Hakim Baihaqi
Banyak baliho dipasang di sembarang tempat 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Sumedang, Ade Sunarya, menyebut bahwa pihaknya telah beberapa kali mengimbau semua caleg agar tidak memasang alat peraga kampanye (APK) di sembarang tempat.

Ade mengatakan bahwa sebelum dimulainya tahapan kampanye Pemilu 2019, pihaknya kerap memberikan sosialisasi mengenai pemasangan iklan kampanye yang baik.

"Sosialisasi yang diberikan yaitu mengenai peraturan perundang-undangan tentang pemilu," kata Ade kepada Tribun Jabar saat dihubungi, Sabtu (9/3/2019).

Jadwal Lengkap Kualifikasi MotoGP Qatar 2019, Lengkap dengan Link Live Streaming, Saksikan di Sini

KRI Teuku Umar Seret Kapal Ikan Vietnam yang Diduga Mencuri Ikan di Natuna

Dalam hal ini, pihak Bawaslu bersama Satpol PP Kabupaten Sumedang sudah berulang kali menertibkan dan penurunan bahan APK yang dipasang dan melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan.

Ade mengatakan, pihaknya megimbau peserta Pemilu 2019, agar memahami dan menaati peraturan perundang-undangan sebelum memasang APK di tempat umum.

"Untuk caleg pelanggar yaitu, perbaikan administrasi, tidak diikutsertakan pada tahapan tertentu dalam penyelenggaraan Pemilu 2019, dan sanksi administratif lainnya sesuai ketentuan undang-undang pemilu," kata Ade.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum, pemasangan APK harus dilaksanakan dengan mempertimbangkan etika, estetika, kebersihan, dan keindahan kota atau kawasan setempat.

Kemudian dalam Peraturan KPU Nomor 23 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilihan Umum, lokasi pemasangan APK dilarang berada di lembaga pendidikan (gedung dan sekolah), kantor pemerintahan, rumah ibadah, dan fasilitas umum.

Hari Ini Ahjusi So Ji Sub Bakal Menyapa Penggemarnya di Indonesia, Sudah Siap Bertemu Si Ganteng?

Nama Robert Rene Alberts Lagi Trending, Diisukan Bakal Gantikan Miljan Radovic di Persib Bandung

Sudah Sepekan Baleendah Dikepung Banjir, Bupati Bandung Sebut Tak Sampai Lumpuhkan Perekonomian

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved