Ulama, Umaro, Pemkab, dan Polres Purwakarta Deklarasi Tolak Kampanye di Tempat Ibadah

Bertepatan dengan bulan Rajab dalam tahun Islam, perwakilan ulama, umaro, pengurus masjid, MUI, Pemda, dan Polres di Purwakarta deklarasi menjaga kond

Ulama, Umaro, Pemkab, dan Polres Purwakarta Deklarasi Tolak Kampanye di Tempat Ibadah
Tribun Jabar/ Haryanto
Deklarasi tolak kampanye di masjid, Masjid Agung Baing Yusuf, Cipaisan, Purwakarta, Jumat (8/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Bertepatan dengan bulan Rajab dalam tahun Islam, perwakilan ulama, umaro, pengurus masjid, MUI, Pemda, dan Polres di Purwakarta deklarasi menjaga kondusivitas gelaran Pemilu 2019.

Deklarasi itu digelar sesaat setelah salat Jumat di Masjid Agung Baing Yusuf, Cipaisan, Purwakarta, Jumat (8/3/2019).

Deklarasi itu berisi menolak tempat ibadah digunakan sebagai tempat kampanye politik, isu sara, penyebar hoaks, ujaran kebencian, terorisme, dan radikalisme.

Hal itu ditujukan menjaga kondusivitas dan menyukseskan Pemilu 2019 yang aman, damai, dan sejuk di Kabupaten Purwakarta.

"Deklarasi ini dilakukan di Purwakarta, agar sepakat bahwa masjid bukan untuk tempat berkampanye," kata Wakapolres Purwakarta, Kompol Ijang Safei, saat ditemui di depan masjid agung usai deklarasi.

Jika Dikonsumsi Berlebihan, Kopi Bisa Berbahaya, Picu Gangguan Kesehatan Jantung hingga Pencernaan

VIDEO: Sopir Truk Tronton Panik Dicegat Rombongan Bonek, Tabrak Bus Badros dan Mobil Innova

Hal itu dilakukan agar semua pihak, khususnya yang mengurus kemakmuran masjid mengerti bahwa masjid telah dilarang untuk menjadi tempat berpolitik.

Ijang berharap dengan dilaksanakan deklarasi oleh sejumlah pihak ini pemilu bisa berjalan dengan aman, lancar, dan damai.

Dengan demikian masyarakat pun diharapkan bisa lebih mengerti akan aturan bahwa tempat beribadah bukan untuk digunakan untuk berpolitik.

"Bagaimana diatur dalam UU nomor 7 tahun 2017 pasal 280 ayat satu, bahwa kampanye salah satunya dilarang di tempat ibadah," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Haryanto
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved