Kasus Korupsi DPRD Purwakarta, Diduga Mengalir ke Beberapa Fraksi

"Salah satunya, uang sebanyak Rp 31,5 juta dan Rp 66,5 juta yang merupakan uang kontribusi bintek dan perjalanan dinas untuk tujuh orang dari Fraksi G

Kasus Korupsi DPRD Purwakarta, Diduga Mengalir ke Beberapa Fraksi
Tribun Jabar/Mega Nugraha
Ketua DPRD Purwakarta Sarif Hidayat saat jadi saksi kasus dugaan korupsi perjalanan dinas dan bintek fiktif. Ia hadir dalam persidangan di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Bandung, Rabu (30/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Pada lembaran BAP dari terdakwa kasus korupsi DPRD Purwakarta, Ujang Hasan Sumardi, terdapat bahwa Fraksi Gerindra DPRD Purwakarta menerima aliran dana korupsi tersebut

Diketahui, pada kasus tersebut negara mengalami kerugian mencapai Rp 2,2 miliar.

BAP itu hasil dari pernyataan Ujang kepada penyidik Kejari Purwakarta, Edy Monang Samosir pada 20 Maret 2018. Dalam hal ini, Edy saat itu menanyakan mengenai aliran dana korupsi tersebut.

"Salah satunya, uang sebanyak Rp 31,5 juta dan Rp 66,5 juta yang merupakan uang kontribusi bintek dan perjalanan dinas untuk tujuh orang dari Fraksi Gerindra," kata Hasan berdasarkan BAP yang kini tengah bergulir di Pengadilan Negeri Bandung.

Bahkan, uang yang dikeluarkan pada September 2016 itu atas permintaan Wakil Ketua DPRD Purwakarta yang sekaligus menjadi Ketua Fraksi Gerindra, Sri Puji Utami.

Usai Tabrakan di Jalan Soekarno-Hatta, Sopir Truk Tronton Langsung Dibawa ke Rumah Sakit

DPRD Jabar Apresiasi Sinergitas TNI Polri Tanpa Batas

Selain ke Fraksi Gerindra, dalam BAP-nya terdakwa kasus korupsi DPRD Purwakarta itu mengungkapkan dana mengalir juga ke Fraksi Hanura dan PKB.

Hasan membenarkan isi BAP-nya, serta sudah diungkapkan di persidangan.

Hanura disebut telah menerima uang haram senilai Rp 13,5 juta dan Rp 15 juta sebagai uang peserta bintek dan perjalanan dinas Fraksi Hanura selama 4 hari pada Oktober 2016.

"Permintaan ketua Fraksi Hanura dan digunakan untuk Bintek parpol yang diserahkan ke ketua dan anggota fraksi Hanura," ujar Hasan. 

Halaman
12
Penulis: Haryanto
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved