Otomotif

Tips Menerjang Banjir Pakai Motor Matic, Sebaiknya Anda Pahami Dulu Ini

Gangguan pertama yaitu, air yang masuk bakal mengganggu kinerja CVT dan menyebabkan putaran belt ”los”.

Tips Menerjang Banjir Pakai Motor Matic, Sebaiknya Anda Pahami Dulu Ini
Roderick Adrian Moses
Ilustrasi motor matic 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Hujan yang mulai sering mengguyur di berbagai wilayah Indonesia, termasuk di wilayah Bandung belakangan ini wajib diwaspadai lho.

Terutama bagi Anda para pengguna motor jenis matic atau skutik (skuter matic).

Yups, jika Anda berpikir untuk menerjang genangan air atau banjir, kemungkinan air yang akan masuk melalui saringan udara cukup besar.

Efeknya bakal cukup fatal lho.

Dikutip Kompas.com, gangguan pertama yaitu, air yang masuk bakal mengganggu kinerja CVT dan menyebabkan putaran belt ”los”.

Mekanik senior dari Omega Motor di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur bernama Babe pernah mengatakan, kepada KompasOtomotif (23/12/2014), kebanyakan pengguna motor matic tak tahu posisi saringan udara pada sepeda motornya.

Mereka, kata Babe, kebanyakan main asal menerabas genangan tanpa berpikir panjang.

”Kalau bebek atau sepeda motor sport kelihatan banget posisi lubang saringan udaranya. Kalau skutik beda-beda, ada yang tinggi sampai di balik jok, ada yang tampak. Ini yang pengguna harus bisa mengenali agar tahu batasan menerjang air,” kata Babe.

MENEMBUS BANJIR - Pengendara motor berusaha menembus genangan air  yang cukup tinggi di jalan Moh.Toha, Kota Bandung, Rabu (4/4). Hujan yang merata dan cukup deras menyebabkan banyak jalan yang berubah menjadi sungai dan menampung air hujan cukup tinggi.
MENEMBUS BANJIR - Pengendara motor berusaha menembus genangan air yang cukup tinggi di jalan Moh.Toha, Kota Bandung, Rabu (4/4). Hujan yang merata dan cukup deras menyebabkan banyak jalan yang berubah menjadi sungai dan menampung air hujan cukup tinggi. (Zelphi)

Sebagai contoh, posisi lubang saringan udara Yamaha Fino FI terletak di atas boks saringan udara.

Saluran khusus dibuat agar posisinya lebih tinggi (sampai penutup bodi), dengan maksud agar tak mudah kemasukan air.

Halaman
12
Penulis: Fauzie Pradita Abbas
Editor: Yongky Yulius
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved