Terdakwa Korupsi Perjalanan Dinas DPRD Purwakarta Ungkap Aliran Dana Rp 2,2 Miliar

Terdakwa kasus dugaan korupsi perjalanan dinas DPRD Purwakarta Ujang Hasan beberkan aliran dana Rp 2,2 miliar ke sejumlah pimpinan DPRD.

Terdakwa Korupsi Perjalanan Dinas DPRD Purwakarta Ungkap Aliran Dana Rp 2,2 Miliar
Tribun Jabar/Mega Nugraha
Ketua DPRD Purwakarta Sarif Hidayat saat jadi saksi kasus dugaan korupsi perjalanan dinas dan bintek fiktif. Ia hadir dalam persidangan di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Bandung, Rabu (30/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Terdakwa kasus dugaan korupsi perjalanan dinas dan kunjungan kerja DPRD Purwakarta, Ujang Hasan Sumardi membeberkan aliran dana Rp 2,2 miliar ke sejumlah pimpinan DPRD Purwakarta.

Ujang menyampaikan itu di berita acara pemeriksaan (BAP) penyidik Kejari Purwakarta, Edy Monang Samosir, pada 20 Maret 2018‎.

Di BAP itu‎, ia ditanya soal penggunaan uang Rp 2,25 miliar sebagai nilai kerugian negara dalam perkara tersebut.

Uang Rp 297 juta dikeluarkan pada Januari hingga Maret untuk membayar jamuan makan dan minum atas perintah pimpinan sekretariat DPRD Purwakarta

Ujang mengatakan uang itu sebagian diserahkan ke sebagian pimpinan DPRD dan sebagian fraksi.

Salah satunya, uang senilai Rp 13,5 juta dan Rp 15 juta yang merupakan uang peserta bimbingan teknis dan perjalanan dinas Fraksi Hanura selama 4 hari, dikeluarkan pada Oktober 2016 sesuai permintaan Ketua Fraksi Hanura.

"Lalu uang Rp 31,5 juta dan Rp 66.5 juta sebagai uang kontribusi bintek dan perjalanan dinas untuk tujuh orang dari Fraksi Gerindra yang dikeluarkan pada September 2016 atas permintaan Sri Puji Utami selaku Wakil Ketua DPRD," ujar Ujang.

Di BAP itu, Ujang juga menyebut diperintah Ketua DPRD Purwakarta untuk mengeluarkan ratusan juta untuk diberikan ke LSM di Purwakarta.

Uang Rp 100 juta‎ yang dikeluarkan September sampai Oktober 2016 atas adanya perintah Ketua DPRD untuk tujuan guna memfasilitasi dan meredam aksi demo.

Halaman
123
Penulis: Mega Nugraha
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved