Tahun Ini, 4 Pusat Budaya Akan Dibangun Pemda Provinsi Jawa Barat

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan pihaknya akan membangun empat pusat kebudayaan pada tahun ini.

Tahun Ini, 4 Pusat Budaya Akan Dibangun Pemda Provinsi Jawa Barat
Istimewa
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan pihaknya akan membangun empat pusat kebudayaan pada tahun ini. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan pihaknya akan membangun empat pusat kebudayaan pada tahun ini.

Kabupaten/kota di zona Priangan akan menjadi yang pertama, yaitu Kabupaten Sumedang, Kabupaten Garut, Kabupaten Ciamis, dan Kabupaten Subang.

Menurut Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, pembangunan pusat-pusat kebudayaan ini sebagai bentuk kepedulian Pemda Provinsi Jawa Barat terhadap pelestarian budaya Sunda.

Nantinya, berbagai khasanah seni dan budaya Sunda khas kabupaten/kota hingga taman untuk mengenang para seniman dan budayawan Sunda akan hadir di setiap kabupaten/kota di Jabar.

“Pusat kebudayaan ini menandakan pemerintah provinsi (Jawa Barat) sangat peduli dalam pelestarian budaya Sunda. Jadi, nanti wayang golek, pencak silat, kecapi suling, tari jaipongan, dan sebagainya. Nanti di sana (pusat kebudayaan) ada pojok Cepot, ada Taman Asep Sunandar Sunarya, ada Taman Kang Ibing dan sebagainya bisa dihadirkan di pusat-pusat budaya sesuai makomnya,” ujar Ridwan Kamil saat ditemui di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (6/3/2019).

Foto-foto dan Video Banjir Baleendah yang Merendam Belasan Ribu Rumah

Redmi Go akan Dijual Online di Indonesia, Harganya di Bawah Rp 1 Juta, Cek Spesifikasinya di Sini

Pemda Provinsi Jabar menganggarkan Rp5 Miliar untuk setiap pusat kebudayaan yang akan dibangun. Namun, tidak menutup kemungkinan ada kerjasama penganggaran dari kabupaten/kota bersama provinsi.

“Pusat kebudayaan segituh dulu (Rp 5 Miliar) nanti dilanjutkan di 2020 buat tambahannya, sambil menambahi yang baru. Nanti kombinasi (anggaran kabupaten/kota dengan provinsi),” kata Emil.

Sementara itu, budayawan Tisna Sanjaya mendukung pendirian gedung atau pusat kebudayaan di kabupaten/kota di Jawa Barat.

Menurutnya, pusat kebudayaan sangat penting dan jelas dinantikan kehadirannya oleh masyarakat saat ini.

Hadirnya pusat kebudayaan ini diharapkan dapat menjadi pusat pengembangan, pelestarian, riset, hingga pendidikan budaya sekaligus.

Halaman
12
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved