Ridwan Kamil Akan ke Timur Tengah Sepekan, Desain Alun-alun Soekarno di Aljazair

Ridwan Kamil akan ke Timur Tengah sepekan, desain alun-alun Soekarno di Aljazair.

Ridwan Kamil Akan ke Timur Tengah Sepekan, Desain Alun-alun Soekarno di Aljazair
Tribun Jabar/M Syarif Abdussalam
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di acara Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (24/10/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam waktu dekat akan mengunjungi Maroko, Aljazair, dan Uni Emirat Arab, selama sepekan.

Kunjungan Ridwan Kamil ke Timur Tengah untuk menindaklanjuti MoU kerja sama sampai mendesain Alun-alun Soekarno di Aljazair.

"Mau keluar negeri karena ada enam agenda yang sudah lama dan mepet. Pertama terkait sister province antara Jabar dengan Maroko dan Aljazair, harus tanda tangan MoU," kata pria yang akrab disapa Emil ini di Gedung Sate, Rabu (6/3/2019).

Emil mengatakan kerja sama dengan Timur Tengah harus diperbanyak supaya tidak hanya Asia Timur yang berinvestasi di Jabar.

Emil menginginkan negara muslim dari Timur Tengah pun berinvestasi di Jabar, terlebih di kawasan segitiga Patimban-Kertajati-Cirebon yang sedang dipromosikan.

Menurut Emil, ia pun diamanati Wapres Jusuf Kalla untuk mengupayakan pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia atau UIII di Depok.

Diupayakan dana dari APBN hanya sepertiganya saja pada tahap pertama, sehingga, universitas yang mulai membuka S2 dan S3 pada tahun depan ini mendapat pembiayaan pembangunan dari negara-negara muslim lainnya.

"Saya juga diminta oleh pemerintah Aljazair mendesain Alun-alun Soekarno di Aljazair. Karena Aljazair merdeka terinspirasi oleh semangat Konferensi Asia Afrika dan semangat Soekarno," ujarnya.

Pada rangkaian selanjutnya di Uni Emirat Arab, katanya, pihaknya akan mengkolaborasikan Bandara Kertajati dengan airport di Dubai dan Abu Dhabi untuk penerbangan internasional dan penerbangan kargo.

"Di Dubai ada rencana kolaborasi untuk manfaatkan penerbangan internasional ke Kertajati. Terkait rencana Bandara Kertajati, selain untuk haji dan umrah, juga untuk bandara kargo. Karena bandara kargo di Dubai dan Abu Dhabi yang terbaik di dunia," kata Ridwan Kamil.

Kabar Terbaru Ani Yudhoyono: Dapat Donor Sumsum Tulang Belakang dari Sang Adik

Munarman Katakan Tak Ada yang Istimewa dari Kasus Habib Bahar bin Smith, Heran Diperlakukan Istimewa

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved