Putra Asep Sunandar Sunarya Apresiasi Langkah DKM Tajug Gede Cilodong Membuat Taman Giri Harja

Inisiatif DKM Tajug Gede Cilodong, Purwakarta yang akan membuat Taman Giri Harja, mendapat apresiasi Dadan Sunandar Sunarya.

Putra Asep Sunandar Sunarya Apresiasi Langkah DKM Tajug Gede Cilodong Membuat Taman Giri Harja
TRIBUN JABAR/HARYANTO
Putra pemilik Padepokan seni wayang golek Giri Harja Asep Sunandar Sunarya (almarhum), Dadan Sunandar Sunarya saat ditemui di Tajug Gede Cilodong, Purwakarta, Rabu (6/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Inisiatif Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Tajug Gede Cilodong, Purwakarta yang akan membuat Taman Giri Harja, mendapat apresiasi Dadan Sunandar Sunarya.

Dadan merupakan putra dari Asep Sunandar Sunarya (almarhum), dalang legendaris dari Jawa Barat yang memiliki padepokan seni wayang golek bernama Giri Harja.

Saat ditemui bersama ketua DKM Tajug Gede Cilodong, Dedi Mulyadi, Dadan mengaku sangat bahagia nama Giri Harja yang diwariskan oleh orangtuanya bisa dibuat menjadi taman dengan basis kebudayaan sunda.

"Saya merasa senang, dan terharu. Meski beda kabupaten, yang notabene padepokan Giri Harja ada di Kabupaten Bandung tapi Taman Giri Harja akan ada di Kabupaten Purwakarta," kata Dadan, Rabu (6/3/2019).

Dia pun berterimakasih kepada Dedi Mulyadi, karena diketahui dia yang memiliki ide dan sebagai inisiator adanya taman dengan nama Giri Harja.

Dalang yang telah melanglang buana itu pun berharap Taman Giri Harja bisa menarik masyarakat untuk lebih mengenali budaya kesundaan.

Akan Ada 10 Hektare Taman Padi di Area Tajug Gede Cilodong Purwakarta

Sebab, taman yang berada di lahan seluas 10 hektare itu diproyeksikan menjadi pusat pelestarian kebudayaan, dan pertanian berbasis budaya Sunda.

Selain itu, sesuai namanya, Taman Giri Harja akan memiliki fasilitas  tempat pembuatan dan memahami wayang golek.

Mulai dari pengenalan pohon jenis pulai atau lame (Alstonia Scholaris) yang biasa digunakan sebagai bahan dasar wayang golek, hingga pembuatan wayang goleknya.

Masyarakat atau wisatawan yang datang bisa belajar membuat wayang goleknya sendiri, dan bisa juga belajar menjadi dalang dari wayang yang dibuatnya sendiri.

"Cita-cita Abah Asep dulu bikin pelatihan dalang dan bagaimana membuat wayang. Nantinya apa yang dilatihkan di Giri Harja akan sama dengan yang ada di Taman Giri Harja di Purwakarta," ucapnya.

Taman Giri Harja di Cilodong Purwakarta, Berbasis Budaya Sunda, Belajar Keislaman-Kesenian-Pertanian

Dadan memastikan seniman-seniman jebolan padepokan seni wayang golek Giri Harja di Jelekong, Kabupaten Bandung siap untuk menjadi tenaga pengajar kesenian wayang golek di Taman Giri Harja.

Ia pun berharap besar wilayah lain, khususnya di Bandung Raya memiliki taman sejenis yang mengenalkan kebudayaan setempat kepada khalayak umum.

"Ya enggak kecewa (tidak ada di Kabupaten Bandung), ya hanya saja mungkin kesempatannya baru ada disini (Purwakarta). Saya sangat bangga, semoga Bandung bisa mencontoh," ujar dia menambahkan.

Jadwal Siaran Langsung Persib Bandung Vs Persebaya Surabaya di Indosiar, Jam 15.00 [VIDEO]

Kabar Baik Buat Para Lajang! Seorang Pengusaha Cari Jodoh untuk Putrinya dan Akan Beri Rp 4 Miliar

Penulis: Haryanto
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved