ITB Kampus Cirebon Akan Dibangun di Arjawinangun, Pembangunan Mulai April Selesai Tahun Depan

ITB Kampus Cirebon akan dibangun di Arjawinangun. Dibangun April selesai tahun depan.

ITB Kampus Cirebon Akan Dibangun di Arjawinangun, Pembangunan Mulai April Selesai Tahun Depan
Tribun Jabar/ Siti Masithoh
Kampus sementara ITB Cirebon di Kelurahan Watubelah, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Masithoh

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Pemerintah Kabupaten Cirebon telah menyiapkan lahan seluas 30 hektare untuk pembangunan ITB Kampus Cirebon di Kecamatan Arjawinangun.

Lahan tersebut dipilih berdasarkan kesepakatan seluruh tim meliputi Ristekdikti, Pemprov Jabar, Pemkab Cirebon, dan ITB.

Lokasi tersebut dianggap sangat strategis dengan BIJB Kertajati Majalengka, sehingga para pelajar yang berasal dari luar daerah dapat mengaksesnya dengan jarak tempuh 30 menit saja dari bandara itu.

"Lahan itu kesepakatan tim. Lokasi ITB nanti juga dekat dengan RSUD Arjawinangun," ujar Kepala Dinas Perumahan, Kawasan, Permukiman, dan Pertamanan (DPKPP) Kabupaten Cirebon, Sukma Nugraha, saat ditemui di Sumber, Cirebon, Rabu (6/3/2019).

Ia menambahkan, sesuai RTRW Nomor 17 Tahun 2011, pengadaan lokasi pendidikan tinggi di Kabupaten Cirebon ada di tiga wilayah, yaitu Ciledug, Sumber, dan Arjawinangun.

"Pada hakikatnya keberadaan ITB di Cirebon hanya sebuah kebanggaan. Tapi pada prinsipisnya merupakan kebanggan putra putri nasional yang akan kuliah di ITB Kampus Cirebon," katanya.

Penjabat Bupati Cirebon, Dicky Saromi, menargetkan pembangunan kampus ITB di Kabupaten Cirebon dimulai bulan April 2019.

"Sudah disiapkan melalui dinas terkait, mudah-mudahan bisa dimulai April 2019," katanya.

Pihaknya meyakini kehadiran ITB tidak hanya akan memberikan kontribusi sumber daya manusia (SDM), melainkan bidang lainnya semisal penelitian pemikiran sejumlah dosen, guru besar hingga pakar ilmu lainnya.

Halaman
12
Penulis: Siti Masithoh
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved