WNA yang Punya KTP Elektronik Masuk DPT Pemilu 2019 Paling Banyak Ditemukan di Bali

KPU sebut 103 Warga Negara Asing ( WNA) dengan kepemilikan e-KTP yang masuk ke Daftar Pemilih Tetap ( DPT) tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia.

WNA yang Punya KTP Elektronik Masuk DPT Pemilu 2019 Paling Banyak Ditemukan di Bali
DOK. TRIBUN JABAR
Ilustrasi: KTP elektronik 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Komisioner Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Viryan Azis mengatakan, 103 Warga Negara Asing ( WNA) dengan kepemilikan e-KTP yang masuk ke Daftar Pemilih Tetap ( DPT) tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia.

Dikutip dari Kompas.com, data itu merujuk pada hasil pencermatan Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri.

"Terbanyak itu di tiga provinsi, pertama itu Bali, Jawa Timur, Jawa Barat," kata Viryan saat dihubungi, Selasa (5/3/2018).

Sebanyak 103 data WNA tersebut, ditindaklanjuti oleh KPU hari ini. KPU melakukan pengecekan faktual dengan mencocokan e-KTP WNA ke pemiliknya.

Verifikasi faktual dilakukan oleh KPU daerah di 17 provinsi di 54 kabupaten/kota yang terindikasi terdapat WNA dengan e-KTP yang tercantum di DPT.

Perludem Minta KPU Terbuka Soal Polemik WNA Ber-KTP Elektronik yang Masuk DTP

Jika benar ditemukan data e-KTP itu masuk ke DPT, maka KPU akan segera menghapus data tersebut.

Proses itu ditargetkan selesai hari ini.

"Kalau coret WNA yang punya e-KTP dari DPT itu Insya Allah kami rampungkan hari ini, besok bisa kita rilis hasilnya bagaimana," ujar Viryan.

Beredar Pesan Berantai TKI Harus Bayar untuk Ikut Pemilu, Begini Tanggapan KBRI Singapura

Atas temuan ini, Viryan mengingatkan supaya kelak petugas Tempat Pemungutan Suara (TPS) lebih jeli lagi dalam menyelenggarakan proses pemungutan suara.

Jangan sampai, WNA bisa ikut menyumbangkan suaranya dalam pemilu.

"Ini akan jadi bagian dari jajaran kami apabila nanti pada hari H ada orang datang bawa KTP el isinya dalam bahasa inggris dimungkinkan itu KTP el untuk WNA, maka tak punya hak pilih," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "WNA yang Masuk DPT Pemilu Paling Banyak Ditemukan di Bali"

Tags
WNA
Bali
KPU
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved