Petugas Temukan Ratusan Surat Suara Rusak di Kabupaten Tasikmalaya

Ratusan surat suara ditemukan rusak oleh petugas penyortiran di Kabupaten Tasikmalaya.

Petugas Temukan Ratusan Surat Suara Rusak di Kabupaten Tasikmalaya
Tribun Jabar/Isep Heri
Petugas sortir dan lipat di KPU Kabupaten Tasikmalaya menunjukkan surat suara legislatif yang tidak layak pakai, Senin (4/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Selama proses menyortir dan melipat surat suara pemilu 2019 yang telah berjalan sekitar dua pekan, KPU Kabupaten Tasikmalaya menemukan 606 lembar surat suara tidak layak pakai.

Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya, Zamzam Jamaludin, mengatakan, ratusan surat suara yang tidak layak terdiri dari surat suara pemilihan legislatif.

Ia mengatakan surat suara yang tidak layak itu memiliki jenis kerusakan beragam, mulai dari kertas yang sobek, terdapat bercak tinta, hingga proses pemotongan di percetakan yang tidak sempurna.

Untuk tahapan sortir dan lipat surat suara yang dilakukan KPU Kabupaten Tasikmalaya, sejauh ini baru surat suara DPRD Kabupaten Tasikmalaya, DPRD Provinsi Jabar, dan DPR RI.

"Sementara surat suara untuk DPD dan Pemilihan Presiden kami sortir dan lipat minggu ini," kata Zamzam Jamaludin, Senin (4/3/2019).

Untuk kekurangan akibat surat suara yang rusak, ujar Zamzam Jamaludin, pihaknya akan meminta kembali ke KPU RI untuk segera diganti.

"Kami juga akan membuat berita acara dan pemusnahan surat suara yang rusak dengan disaksikan Bawaslu dan pihak keamanan," kata dia.

Dalam proses sortir dan lipat suara di Kabupaten Tasikmalaya, jumlah surat suara per jenisnya sebanyak 1.394.295 lembar.

KPU Terima Surat Suara untuk Pemilihan Anggota DPRD Kota Bandung

KPU Kota Cirebon Sebut Hanya Surat Suara Pilpres dan Pemilu DPR yang Diterima Malam Ini

Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved