KPU Ciamis Temukan 1.506 Surat Suara Rusak untuk Pemilu DPR RI dan Pilpres 2019

Setelah dilakukan penyortiran surat suara untuk DPR RI dan untuk Pilpres, KPU Ciamis menemukan 1.506 lembar surat suara rusak.

KPU Ciamis Temukan 1.506 Surat Suara Rusak untuk Pemilu DPR RI dan Pilpres 2019
Tribun Jabar/Andri M Dani
Petugas memperlihatkan surat suara yang rusak saat penyortiran dan pelipatan surat suara yang berlangsung di GOR Graha Ayu Ciamis, Selasa (26/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Setelah dilakukan penyortiran surat suara untuk DPR RI sejak Selasa (26/2/2019) sampai Sabtu (2/3/2019) dan surat suara Pilpres 2019 dari Sabtu – Minggu (2/3/2019 - 3/3/2019) KPU Ciamis menemukan 1.506 lembar surat suara rusak.

Masing-masing 780 lembar surat suara untuk DPR RI dan 726 lembar surat suara untuk Pilpres 2019.

“Total sudah ditemukan 1.506 lembar surat suara rusak. Masing-masing 780 lembar surat suara untuk DPR RI dan 726 lembar  surat suara untuk Pilpres,” ujar Ketua KPU Ciamis, Dr H Agus Abdul Fatah kepada Tribun Jabar, Senin (4/3/2019).

Surat suara yang rusak itu, kata Agus segera dilaporkannya ke KPU Jabar untuk usulan penggantian ke percetakan.

Dari ribuan lembar surat suara rusak tersebut kata Agus kebanyakan karena sobek, bolong, warna tinta blur (buram) dan ada bercak noda tinta.

KPU Kota Bandung Bentuk 2 Tim untuk Awasi Sortir Lipat Surat Suara dan Perakitan Kotak Suara

Sementara pemotongan sisi lembaran surat suara yang berlebih (tidak rata) dianggap tidak rusak.

“Lembaran surat suara yang potongannya tidak rata atau berlebih dianggap tidak rusak karena masih mungkin bisa diselamatkan dengan meratakan potongannya,” katanya.

Menurut Agus dengan bantuan 300 orang yang melakukan sortir surat suara sejak Selasa (26/2) lalu sampai Senin (4/3) baru menyelesasikan surat suara untuk DPR RI dan surat suara untuk Pilpres.

Gerindra: Andi Arief Korban Kegagalan Jokowi Berantas Narkoba

Andi Arief Sempat Menolak Dites Urine, Polisi Duga Andi Arief Buang Sisa Sabu ke Kloset

“Penyortir surat suara untuk Pilpres cukup cepat, hanya butuh waktu satu setengah hari. Sedangkan penyortiran surat suara untuk DPR RI butuh waktu cukup lama sampai 4,5 hari. Hari Sabtu (2/3) itu begitu selesai penyortiran dan pelipatan surat suara untuk DPR RI langsung dilanjutkan dengan penyortiran surat suara untuk Pilpres. Hari ini (Senin 4/3) sudah memasuki penyortiran surat suara untuk DPRD Jabar,” ujar Agus. (andri m dani)

Penulis: Andri M Dani
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved