KPU Ciamis Sudah Coret 3 WNA dari DPT Sebelum Dapat Rekomendasi dari Bawaslu

KPU Ciamis sudah coret tiga WNA dari DPT sebelum dapat rekomendasi dari Bawaslu.

KPU Ciamis Sudah Coret 3 WNA dari DPT Sebelum Dapat Rekomendasi dari Bawaslu
(Twitter)
Beredar sebuah foto e-KTP WNA berinisial GC yang dikaitkan masuk dalam daftar pemilih. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS - Bawaslu Kabupaten Ciamis menemukan ada tiga warga negara asing (WNA) yang masuk dalam daftar pemiluh tetap (DPT).

Bawaslu merekomendasikan kepada KPU Kabupaten Ciamis agar ketiga WNA itu dicoret dari DPT.

Menanggapi hal tersebut, Ketua KPU Ciamis, Dr H Agus Fatah Hidayat mengatakan, KPU Ciamis sudah mencoret tiga nama WNA yang masuk DPT di Ciamis.

“Sebelum Bawaslu merekomendasikan, KPU Ciamis sudah lebih dulu mencoret ke-3 nama WNA tersebut dari DPT. Itu nyata-nyata salah sesuai dengan UU No. 7 tahun 2017 tentang Pemilu, yang berhak memilih itu hanya WNI. WNA tidak berhak memilih,” ujar Agus Fatah Hidayat.

Menurut Agus pihaknya sudah melakukan penelusuran di sidalih, ternyata ditemukan tiga nama WNA yang masuk DPT di Ciamis.

“Dan ketiga nama WNA tersebut langsung dicoret dari DPT, sedangkan anak dan istrinya, kan, WNI, mereka berhak memilih, termasuk anaknya yang sudah cukup umur bisa memilih,” kata Agus Fatah Hidayat.

Diberitakan sebelumnya, setelah menelusuri data dari Disdukcapil Ciamis, data DPTHP2, dan melakukan verifikasi faktual di lapangan, Bawaslu Ciamis memastikan 3 warga negara asing (WNA) di Ciamis masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT).

Bawaslu Ciamis sudah merekomendasikan agar KPU Ciamis mencoret ke-3 nama tersebut dari DPT.

“Kami sudah merekomendasikan agar KPU Ciamis mencoret ke-3 nama WNA tersebut dari DPT,” ujar Komisioner Bawaslu Ciamis Koordinator Bidang Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga, Samsyul Maarif, kepada Tribun Jabar, Senin (4/3/2019).

Halaman
12
Penulis: Andri M Dani
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved