Di Ciamis 1.506 Lembar Surat Suara untuk Pilpres dan Pemilihan Anggota DPR RI Rusak

Setelah dilakukan penyortiran surat suara untuk DPR RI sejak Selasa (26/2/2019) sampai Sabtu (2/3/2019) dan surat suara Pilpres

Di Ciamis 1.506 Lembar Surat Suara untuk Pilpres dan Pemilihan Anggota DPR RI Rusak
Tribun Jabar/Isep Heri
Ilustrasi surat suara rusak 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Setelah dilakukan penyortiran surat suara untuk DPR RI sejak Selasa (26/2/2019) sampai Sabtu (2/3/2019) dan surat suara Pilpres dari Sabtu–Minggu (2-3/3/2019) KPU Ciamis menemukan 1.506 lembar surat suara rusak. Masing-masing 780 lembar surat suara untuk DPR RI dan 726 lembar surat suara untuk Pilpres.

“Total sudah ditemukan 1.506 lembar surat suara rusak. Masing-masing 780 lembar surat suara untuk DPR RI dan 726 lembar  surat suara untuk Pilpres,” ujar Ketua KPU Ciamis,  Agus Abdul Fatah kepada Tribun Senin (4/3/2019).

Dengan telah terdatanya sebanyak 1.506 lembar surat suara yang rusak tersebut, menurut Agus, pihaknya segera melaporkan ke KPU Jabar untuk usulan penggantian ke percetakan.

Dari ribuan lembar surat suara rusak tersebut, kata Agus, kebanyakan karena sobek, bolong, warna tinta blur (buram) dan ada bercak noda tinta. Sementara pemotongan sisi lembaran surat suara yang berlebih (tidak rata) dianggap tidak rusak.

“Lembaran surat suara yang potongannya tidak rata atau berlebih dianggap tidak rusak karena masih mungkin bisa diselamatkan dengan meratakan potongannya,” katanya.

Menurut Agus dengan bantuan 300 orang yang melakukan sortir surat suara sejak Selasa (26/2) lalu sampai Senin (4/3) baru surat suara untuk DPR RI dan surat suara untuk Pilpres yang tuntas disortir dan dilipat.

Dari 958,876 lembar surat suara untuk DPR RI yang disortir sejak Selasa (25/2) sampai Sabtu (2/3) ditemukan 780 lembar surat suara rusak. Sedangkan dari sortir dan lipat surat suara untuk Pilpres sebanyak 958,643 lembar dari Sabtu (2/3) sampai Minggu (3/3) ditemukan 726 lembar surat suara rusak.

AirAsia Tak Mau Lagi Jual Tiket di Traveloka, Suspend Secara Permanen, Selanjutnya Tiket.com?

“Penyortir surat suara untuk Pilpres cukup cepat, hanya butuh waktu satu setengah hari. Sedangkan penyortiran surat suara untuk DPR RI butuh waktu cukup lama sampai 4,5 hari. Hari Sabtu (2/3) itu begitu selesai penyortiran dan pelipatan surat suara untuk DPR RI langsung dilanjutkan dengan penyortiran surat suara untuk Pilpres. Hari ini (Senin 4/3) sudah memasuki penyortiran surat suara untuk DPRD Jabar,” ujar Agus.

Dari lima jenis surat suara untuk Pileg dan Pilpres 2019, menurut Agus tinggal surat suara untuk DPD yang belum tiba. “Katanya besok (hari ini, Selasa (5/3) surat suara untuk DPD  sudah tiba di Ciamis. Kalau surat suara untuk DPRD Kabupaten Ciamis sudah lebih dulu tiba tinggal disortir dan dilipat. Proses penyortir dan pelipatan surat suara ini dipusatkan di satu titik yakni di GOR Graha Ayu ,” katanya.       

     


                                         

Penulis: Andri M Dani
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved