Bawaslu Jabar Tindaklanjuti Kotak Suara Rusak di Kabupaten Cirebon, KPU Terancam Disanksi

Bawaslu Jabar tindaklanjuti kotak suara rusak di Kabupaten Cirebon. Jika ada pelanggaran administrasi, KPU akan disanksi.

Bawaslu Jabar Tindaklanjuti Kotak Suara Rusak di Kabupaten Cirebon, KPU Terancam Disanksi
tribunjabar/siti masithoh
Kotak suara rusak di gudang penyimpanan logistik KPU Kabupaten Cirebon, Plumbon, Cirebon, Selasa (12/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Masithoh

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Ribuan kotak suara yang rusak akibat hujan pada Sabtu (9/2/2019) di gudang logistik KPU Kabupaten Cirebon mendapat perhatian khusus dari Bawaslu Jawa Barat.

Komisioner Bidang Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga Bawaslu Jabar, Loli Suhenti, mengatakan, pihaknya sudah menerima informasi dari Bawaslu Kabupaten Cirebon dan tengah menangani prosesnya melalui penanganan administrasi.

"Saat ini kami sedang bersiap menindaklanjuti karena laporan sudah masuk per tanggal 26 kemarin. Kami punya waktu 14 hari ke depan untuk memastikan proses itu selesai," katanya saat ditemui di Tuparev, Cirebon, Minggu (3/3/2019).

Menurutnya, jika hal tersebut terbukti sebagai pelanggaran administrasi, maka KPU akan mendapatkan sanksi, satu di antaranya peringatan.

"Yang perlu diapresiasi adalah soal rekomendasi cepat dari Bawaslu Kabupaten Cirebon yang langsung meminta untuk memindahkan gudang. Ini adalah tindakan preventif supaya tidak terjadi lagi kemudian hari," tambahnya.

Ia menganggap, rusaknya kotak suara tersebut bukan hanya sekedar angkanya yang besar, melainkan proses yang dianggap membahayakan Pemilu.

"Cirebon menjadi perhatian khusus karena dalam pemilu sebelumnya ada gugatan hasil. Saat ini kami sedang berkonsentrasi penuh dalam prosesnya harus sudah baik sehingga persoalan di kemudian hari bisa diantisipasi," katanya.

Dalam menangani rusaknya kotak suara itu, Bawaslu Jabar langsung memberikan perhatian kepada seluruh KPU di Jawa Barat.

"Berdasarkan form pengawasan, salah satunya dugaan kelalaian prosedur saat menangani logistik yang masuk," ujarnya.

2 WNA di Ciamis Tercatat Punya KTP, Bawaslu Akan Cek Apakah Masuk DPT atau Tidak

Kabupaten Cirebon Belum Terima Surat Suara, Bawaslu Minta KPU Segera Pastikan

Penulis: Siti Masithoh
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved