Pemprov Jabar Siapkan 6 Daerah Otonomi Baru, Selain Garut Selatan Ini 5 Daerah Lainnya

Pemprov Jabar siapkan pembentukan 6 DOB, yakni Garut Selatan, Bogor Barat, Sukabumi Utara, Bogor Timur, Karawang Utara, dan Indramayu Barat.

Pemprov Jabar Siapkan 6 Daerah Otonomi Baru, Selain Garut Selatan Ini 5 Daerah Lainnya
Tribun Jabar
Infografis Garut Selatan, satu dari 6 DOB di Jawa Barat. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyiapkan pembentukan enam daerah otonomi baru (DOB) di Jawa Barat.

Desk persiapan pembentukan DOB di Pemprov Jabar pun sedang disusun untuk mempercepat dan menyelesaikan berbagai kendala terkait dengan pemekaran daerah.

Kepala Biro Pemerintahan dan Kerja Sama Pemerintah Provinsi Jabar, Dani Ramdan, mengatakan prioritas pemekaran daerah ini sudah masuk dalam janji kampanye Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum.

"Itu, kan, memang sudah masuk janji kampanye politik gubernur dan sudah diakomodasi dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah)," kata Dani Ramdan seusai mengisi acara Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate, Jumat (1/3/2019).

Pemprov Jabar, katanya, memiliki target bahwa dalam lima tahun ke depan ingin ada pembentukan daerah otonomi baru atau sesuai dengan peraturan-perundangan yang berlaku, yakni pemerintah daerah induk membuat persiapan atau percobaan dulu selama tiga tahun.

Dari enam calon DOB tersebut, tiga di antaranya sudah masuk Program Legislasi Nasional di DPR RI.

Ketiga usulan ini adalah calon DOB Kabupaten Garut Selatan dari induknya Kabupaten Garut, Kabupaten Bogor Barat dari induk Kabupaten Bogor, serta Kabupaten Sukabumi Utara dari Kabupaten Sukabumi.

Tiga daerah lain yang masih harus dilengkapi berkas dan datanya sebelum diajukan kepada pemerintah pusat adalah calon DOB Kabupaten Bogor Timur, Karawang Utara, dan Indramayu Barat.

"Yang tiga tambahannya itu adalah hasil analisis yang dilakukan oleh Bappeda, dari banyak usulan yang mencapai belasan DOB. Tapi ada tiga yang tampaknya sudah menuju sempurna dan lengkap dokumennya," katanya.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved