Diduga Sebarkan Hoaks, Dua Pegawai Pemkab Purwakarta Terancam Dipecat

Dua pegawai non-PNS di Pemerintahan Kabupaten Purwakarta terancam dipecat karena diduga menyebarkan hoaks dan fitnah di media sosial.

Diduga Sebarkan Hoaks, Dua Pegawai Pemkab Purwakarta Terancam Dipecat
Tribun Jabar
Ilustrasi: Hoaks 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Dua pegawai non-PNS di Pemkab Purwakarta terancam dipecat karena diduga menyebarkan hoaks dan fitnah di media sosial.

Informasi yang disebarkan oleh pegawai itu adalah terkait pemilu, khusus soalnya Pilpres.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan jika terbukti melakukan penyebaran hoaks, pegawai tersebut bisa diberhentikan.

"Sekarang sedang dalam proses dan tahap investigasi, kalau terbukti bisa diberhentikan," kata Anne disela kegiatannya di Bale Sawala Yudhistira, Komplek Pemda Purwakarta, Nagri Tengah, Purwakarta, Jumat (1/3/2019).

Anne tidak terlalu merinci soal hoaks yang disebarkan oleh pegawainya tersebut. Meski begitu, tindakan tegas perlu dilakukan, agar kedepannya tidak terjadi lagi di pemerintahannya ini.

Apalagi, pegawai di Pemkab Purwakarta baik ASN atau bukan harus memiliki sikap yang baik dan teladan.

Diserang Berita Hoaks, Mahfud MD Datangi Mapolres Klaten

Demi turut berperang dalam melawan hoaks, Anne telah menginstruksi Sekda dan Inspektorat untuk melakukan investigasi dalam kasus tersebut.

"Ini bentuk tegas kami berperang terhadap informasi hoaks yang semakin merajalela. Kalau terbukti ya berhentikan, apalagi THL, jadi prosesnya tidak berbelit-belit," ucap dia.

Dengan adanya kasus yang terjadi itu, wanita yang akrab disapa Ambu itu mengimbau sejumlah pihak agar senantiasa memfilter informasi.

Apalagi bagi pegawai di lingkup pemerintahan, agar tidak mudah melakukan penyebaran isu-isu yang belum tentu kebenarannya.

Ibu dari Emak-emak Tersangka Kasus Penyebar Hoaks Soal Jokowi Minta Maaf kepada Jokowi

Hal itu beralasan, dengan tujuan  menjaga iklim demokrasi yang baik dan aman, apalagi menjelang pemilu April nanti.

"Kasus ini bisa dijadikan contoh, kami tegas sesuai arahan dari kepolisian untuk tegas melawan hoaks, kalau pemerintahnya saja seperti itu (menyebarkan hoaks) nanti dicontoh masyarakat, kan jadi preseden buruk ke depan," ujarnya menambahkan.

Persib Sudah Kantongi Kekuatan Tira Persikabo, Begini Pernyataan Radovic Termasuk Soal Vizcarra

Jadwal Live Indosiar Persib Bandung Vs PS Tira Persikabo, Laga Pembuka Piala Presiden 2019 [VIDEO]

Penulis: Haryanto
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved