Pada 2045 Indonesia Jadi Lumbung Pangan Dunia, Dedi Mulyadi Pun Usulkan Sawah Abadi

di depan para Penyuluh Pertanian dan Petani di Tajug Gede Cilodong, Desa Cibungur, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta

Pada 2045 Indonesia Jadi Lumbung Pangan Dunia, Dedi Mulyadi Pun Usulkan Sawah Abadi
istimewa
Dedi Mulyadi di Tajug Gede Cilodong, Purwakarta, Rabu (27/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Sekjen Kementerian Pertanian, Syukur Irwantoro berharap petani dan penyuluh pertanian untuk tetap bekerja keras dalam mewujudkan lumbung pangan dunia 2045.

Menurutnya, penyuluh dan petani harus memiliki daya saing, inovatif dan memberi manfaat lebih luas bagi pembangunan pertanian Indonesia.

"Penyuluh dan petani harus berdaya saing. Terus bekerja keras dalam menuju lumbung pangan dunia 2045," ujar Syukur Irwantoro, di depan para Penyuluh Pertanian dan Petani di Tajug Gede Cilodong, Desa Cibungur, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, Rabu (27/2/2019).

Pada kesempatan tersebut, Syukur melakukan gerakan tanam padi gogo 98 Varietas yang ditanami di sekitar areal Tajug Gede Cilodong.

"Di areal ini juga kita tanami padi gogorancak 98 jenis variates kita tanami di sini," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Tajug Gede Cilodong Dedi Mulyadi mengatakan, di kawasan Tajug Gede Cilodong ada tanah seluas 10 hektare yang bisa digunakan untuk ditanami padi maupun sayuran.

"10 hektare tanah bisa digunakan untuk areal pertanian. Selain padi kita juga akan tanami sayuran, jadi tempat ini bisa menjadi sarana pendidikan pertanian untuk anak-anak," ujar Dedi.

Marinus Wanewar dan Firza Andika Masuk Daftar Lima Pemain Terbaik Piala AFF U-22 2019

Sekjen Kementerian Pertanian, Syukur Irwantoro dan Dedi Mulyadi
Sekjen Kementerian Pertanian, Syukur Irwantoro dan Dedi Mulyadi (istimewa)

Lokasi Tajug Gede Cilodong yang strategis, menurut Dedi, juga bisa menjadi tempat areal wisata.

"Fasilitas pendukungnya kita siapkan, masakan Nusantara kita sajikan di sini. Jadi, yang datang bukan hanya beribadah, tapi juga bisa sambil belanja dan belajar di sini," kata Dedi.

Halaman
12
Penulis: Haryanto
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved