Kenakan Sarung dan Sorban, Jokowi Buka Munas dan Konbes NU 2019 di Kota Banjar

Presiden Jokowi membuka Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar (Konbes) Nahdlatul Ulama

Kenakan Sarung dan Sorban, Jokowi Buka Munas dan Konbes NU 2019 di Kota Banjar
Tribunjabar.id/Isep Heri
Presiden Joko Widodo menghadiri pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar (Konbes) Nahdlatul Ulama yang digelar di Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Citangkolo, Kota Banjar, Rabu (27/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, BANJAR -  Presiden Jokowi membuka Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar (Konbes) Nahdlatul Ulama yang digelar di Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Citangkolo, Kota Banjar, Rabu (27/2/2019).

Jokowi yang tiba di lokasi sekitar pukul 13.00 waktu setempat, disambut warga NU yang sedari pagi memadati sekitar lokasi dibukanya gelaran akbar NU tersebut.

Sejumlah tokoh terlihat mendampingi Jokowi dalam pembukaan Munas Alim Ulama - Konbes NU 2019, di antaranya Rais Aam PBNU KH Miftahul Akhyar, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj, Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin, Muhtasyar NU KH Ma'ruf Amin, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Khofifah Indar Prawangsa, Susi Pudjiastuti.

Di depan tokoh dan warga NU, Jokowi mengatakan menyambut senang hati kegiatan tahun ini yang mengusung tema "Memperkuat Ukhuwah Wathaniyah untuk Kedaulatan Rakyat".

Diakuinya, NU sebagai organisasi jemaah terbesar di Indonesia sudah berkontribusi banyak untuk keutuhan bangsa Indonesia.

Jokowi: 9 Juta Orang Percaya Hoaks Pemerintah Larang Azan dan Legalkan Pernikahan Sejenis

"Dalam sejarah, NU selalu terdepan dalam menjaga keutuhan bangsa Indonesia, NU selalu terdepan membela negara dari pihak-pihak yang ingin merubah Pancasila sebagai dasar negara dan membenturkan islam dan Pancasila," kata Jokowi yang datang sarungan dan berkalung sorban putih.

Menurut Jokowi pengambilan tema yang diusung dalam Munas Alim Ulama -Konbes NU 2019 meruapakan tanda komitmen NU untuk tetap menjaga kedaulatan bangsa Indonesia.

Pembukaan Munas alim ulama -Konbes NU ditandai dengan dibunyikan sejumlah angklung yang dipimpin Jokowi.

Sebelum itu, Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siroj mengatakan pemilihan tema ini dilandasi oleh situasi menjelang pelaksanaan pesta demokrasi rakyat yaitu pemilu serentak untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden serta para wakil rakyat tahun 2019. 

Dalam hal ini, kata Said Aqil Siroj, Nahdlatul Ulama perlu mengingatkan bahwa sebagai manifestasi kedaulatan rakyat, hasil pemilu harus mampu menjunjung, menegakkan dan mewujudkan kedaulatan rakyat dalam seluruh sendi kebijakan penyelenggaraan negara dan pemerintahan. 

"Mandat sejati dari kekuasaan adalah kemaslahatan rakyat, kesejahteraan sebesar-besar rakyat Indonesia. Karena itu, Pilpres, Pileg dan Pilkada tidak boleh berhenti sebagai ajang suksesi kekuasaan, tetapi momentum penyelenggaraan kembali komitmen penegakan kedaulatan rakyat di tengah situasi zaman yang berubah dan bergerak cepat," jelasnya.

Viral Video Kepala Desa di Garut Ajak Pilih Jokowi, Perintahkan Sekdes Sebar Videonya

Dia menuturkan, Munas Alim Ulam dan Konbes NU 2019 di Kota Banjar, Jawa Barat kali ini akan membahas sejumlah masalah penting yang diklasifikasi dalam Masail Waqi’iyah (mencakup bahaya sampah plastik, niaga perkapalan, bisnis money game, dan sel punca); Masail Maudluiyah (masalah kewarganegaraan dan hukum negara, konsep Islam Nusantara, dan politisasi agama), dan Masûil Dîniyah Qanûniyah (RUU Anti-Monopoli dan Persaingan Usaha agar kedzaliman ekonomi global dapat dicegah dan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual). 

Di bagian Rekomendasi, NU tengah mengkaji agar Pemerintah mempertimbangkan kembali pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) untuk mengatasi defisit pasokan energi dalam jangka panjang. 

Setelah pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan acara silaturahmi antar ulama NU yang hadir dari berbagai daerah.

Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved