Hadapi Revolusi Industri 4.0, Pemerintah Akan Bangun Ribuan BLK dan Buat KIP untuk Kuliah

Menghadapi revolusi industri 4.0 atau disebut revolusi industri jilid 4 pemerintah tahun ini berencana akan membangun ribuan balai pelatihan kerja

Hadapi Revolusi Industri 4.0, Pemerintah Akan Bangun Ribuan BLK dan Buat KIP untuk Kuliah
TRIBUN JABAR/ISEP HERI HERDIANSAH
Mengenakan sarung dan berkalung sorban putih, Presiden Joko Widodo menghadiri pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar (Konbes) Nahdlatul Ulama yang digelar di Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Citangkolo, Kota Banjar, Rabu (27/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, BANJAR - Menghadapi revolusi industri 4.0 atau yang disebut revolusi industri jilid 4 pemerintah tahun ini berencana akan membangun ribuan balai pelatihan kerja di pondok- pondok pesantren.

"Revolusi industri jilid ke 4 sudah berjalan dan masuk ke kita, ini menjadi tantangan, maka kita harus persiapkan strategi untuk ini jangan sampai tertinggal, kita harus optimis untuk bisa bersaing," kata Presiden Joko Widodo saat membuka Munas Alim Ulama dan Konbes Nahdlatul Ulama di Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Citangkolo, Kota Banjar, Rabu (27/2/2019).

Dikatakannya, tahun ini, akan segera dibangun 1.000 BLK (Balai Latihan Kerja) di pondok-pondok pesantren.

Kemudian untuk rencana di tahun depan 3.000 BLK dipondok pesantren sudah terbangun.

"Sehingga semakin banyak SDM premium di negara ini, semuanya harus dikerjakan oleh SDM dalam negeri," lanjut Jokowi.

9 Juta Masyarakat Percaya Hoaks Pemerintah Larang Azan, Jokowi Ajak Tokoh dan Warga NU Lakukan Ini

Dalam kesempatan itu Jokowi juga mengabarkan bahwa pemerintah menyiapkan KIP (Kartu Indonesia Pintar) untuk kuliah.

"Setelah KIP untuk pelajar di SMP dan SMA, nanti akan ada KIP untuk kuliah, itu bocorannya, untuk teknisnya ya nanti," ujar Jokowi.

Perihal revolusi 4.0 ini juga dikatakan Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siroj merupakan satu di antara isu yang akan dibahas dalam Munas dan Konbes NU 2019 di Kota Banjar.

Saat memberi sambutan ia mengatakan perubahan itu ditandai oleh gelombang Revolusi Industri 4.0. yang bertumpu pada penggunaan masif teknologi informasi komunikasi berbasis internet (internet of things), kecerdasan buatan (artficial intelligent) dan analisis big data.

Halaman
12
Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved