Ekspor Sepeda Motor Honda AHM Tumbuh 175 Persen, Berikut Catatan Kenaikannya Dibandingkan Tahun Lalu

PT Astra Honda Motor (AHM) mengawali tahun 2019 dengan membukukan kinerja positif ekspor sepeda motor Honda.

Ekspor Sepeda Motor Honda AHM Tumbuh 175 Persen, Berikut Catatan Kenaikannya Dibandingkan Tahun Lalu
ISTIMEWA
Pegawai AHM sedang mengecek motor Honda jenis skutik sebelum diekspor ke luar negeri. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Kemal Setia Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - PT Astra Honda Motor (AHM) mengawali tahun 2019 dengan membukukan kinerja positif ekspor sepeda motor Honda.

Pada bulan pertama 2019, ekspor sepeda motor Honda dalam kondisi utuh (CBU/Completely Built Up) melonjak 175 persen dibandingkan dengan Januari 2018 atau jauh melampaui pertumbuhan ekspor industri sepeda motor.

Berdasarkan data yang diolah dari Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), ekspor sepeda motor secara nasional pada Januari 2019 tercatat sebanyak 67.016 unit atau meningkat 76,3 persen dibandingkan ekspor nasional pada Januari 2018 yang hanya sebanyak 38.021 unit.

Sementara AHM pada bulan pertama tahun ini, berhasil mengekspor 17.300 unit motor atau berkontribusi sebesar 25 persen terhadap kinerja ekspor sepeda motor nasional.

Dibandingkan bulan yang sama tahun lalu, ekspor CBU AHM tercatat 6.281 unit.

Dilihat dari tipe motor yang diekspor AHM, sumbangsih ekspor sepeda motor Honda terbesar berasal dari jenis skutik yaitu sebanyak 16.412 unit, diikuti oleh tipe sport sebanyak 728 unit, dan motor bebek 160 unit.

General Manager Overseas Business Division AHM, Kurniawati Slamet, mengatakan bahwa tingginya minat konsumen luar negeri terhadap sepeda motor Honda memberikan angin positif bagi perusahaan di awal tahun.

Hal ini meningkatkan optimisme kinerja ekspor perusahaan sepanjang tahun akan menjadi lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

"Lonjakan pertumbuhan ekspor ini tidak dapat dipisahkan dari daya saing produk yang diproduksi anak bangsa di pasar ekspor. Kami yakin motor Honda produksi AHM ini akan semakin disukai tidak hanya di pasar domestik tapi juga di pasar ekspor di masa-masa mendatang,” ujar Kurniawati melalui Direktur Utama PT Daya Adicipta Motora (DAM) selaku distributor utama motor dan sparepart Honda Jabar, di Kantor DAM, Selasa (26/2/2019).

Kata Dishub Cimahi Soal Aturan Pelarangan Penggunaan GPS Saat Pemotor Berkendara

Menurut Kurniawati, ekspor motor CBU AHM di bulan pertama tahun ini mayoritas untuk memenuhi permintaan dari pasar motor di negara Bangladesh dan Filipina.

Dengan pencapaian positif di awal tahun ini, AHM memperkirakan ekspor motor CBU sepanjang tahun ini akan tumbuh positif dibandingkan dengan pencapaian tahun 2018.

"Kami optimistis bahwa indikasi positif pada awal tahun ini akan mengantarkan ekspor sepeda motor Honda tahun ini tumbuh sekitar 40 sampai 50 persen, hingga akhir tahun 2019,” kata Kurniawati.

Resmi Pakai Seragam Honda, Jorge Lorenzo: Saya Suka Warnanya

Selain melakukan pengiriman secara CBU, kata dia, AHM juga melakukan pengiriman sepeda motor secara terurai (CKD/Completely Knocked Down) dengan negara tujuan antara lain Vietnam, Malaysia, Jepang, Thailand, dan Kamboja. Pada Januari 2019, tercatat ekspor CKD AHM sebanyak 18.700 set atau mengalami peningkatan sebanyak 28 persen dibandingkan dengan bulan yang sama tahun 2018 yang tercatat 14.640 unit.

Dari sisi model sepeda motor yang dipasarkan ke luar negeri baik secara CBU atau CKD tercatat antara lain Honda Vario Series, Honda BeAT series, Honda Supra GTR150, Honda Blade, Honda Sonic 150, Honda CRF150, Honda CBR series dan Honda CB150R Streetfire. (kemal setia permana)

Umuh Minta Bobotoh Tidak Membuat Persib Dipermalukan dan Ditertawakan

Terima Kasih Osvaldo Hay, Gol di Menit 53 Berhasil Membaca Timnas U-22 Indonesia Juara Piala AFF

Penulis: Kemal Setia Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved