Wisata Kuliner, Alasan yang Jadi Motivasi Pelancong untuk Berlibur atau Traveling

Menurut survei situs Booking.com yang diikui 53.492 traveler dari 31 negara, terungkap apa saja motivasi pelancong untuk berlibur.

Wisata Kuliner, Alasan yang Jadi Motivasi Pelancong untuk Berlibur atau Traveling
Tribun Jabar/Fasko Dehotman
Anjungan dan kuliner di Lawangwangi Kafe, Lembang, Bandung 

TRIBUNJABAR.ID - Traveling hanya untuk wisata kuliner? Kini banyak orang melakukannya.

Menurut survei situs Booking.com yang diikui 53.492 traveler dari 31 negara, terungkap apa saja motivasi pelancong untuk berlibur.

Selain untuk menghilangkan stres, ternyata berlibur ke luar kota atau luar negeri untuk menjajal makanan menjadi alasan terbanyak.

Pelancong dari Malaysia dan Singapura diketahui adalah yang terbanyak memakai alasan itu.

Responden adalah orang-orang berusia 18-44 tahun dan telah melakukan liburan setidaknya sekali tahun lalu. Survei ini berlangsung pada Oktober sampai November 2018.

Secara umum para pelancong di seluruh dunia setuju bahwa tujuan utama liburan adalah untuk melepas stres, melihat dunia, dan mencoba pengalaman yang tidak ada di daerahnya.

Namun, motivasi traveling itu berbeda-beda tiap negara. Sekitar 80 persen orang Malaysia mengatakan "mencoba makanan baru" adalah tujuan utama mereka berlibur.

Sebagai perbandingan, mayoritas pelancong dari China dan Taiwan ingin berlibur karena mereka bisa merasakan "gaya hidup simpel".

Sementara itu orang Jepang dan Hongkong memilih liburan untuk "pergi dari tekanan di rumah".

Bagaimana dengan orang Indonesia? Seperti halnya pelancong dari India dan Filipina, ternyata orang-orang Indonesia berlibur untuk membuktikan status sosial mereka.

Atas alasan itu pula para pelancong dari Indonesia biasanya memilih tempat berlibur yang belum pernah didatangi teman-temannya.

Editor: Widia Lestari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved