Dua Pohon Mahoni Tumbang, Melintang di Jalan Nasional di Ciamis, Arus Lalu Lintas Pun Macet 2 Jam

Dua pohon mahoni ukuran besar tumbang ke badan Jalan Raya Cihaurbeuti-Sindangkasih (jalan utama jalur selatan via Ciamis) disapu angin kencang

Dua Pohon Mahoni Tumbang, Melintang di Jalan Nasional di Ciamis, Arus Lalu Lintas Pun Macet 2 Jam
istimewa
Angin kencang menyertai hujan lebat pada, Jumat (22/2/2109) sore, menyebabkan dua pohon mahoni tumbang dan menimpa jalur jalan nasional (jalur selatan) di Blok Dusun Desa RT 01/01, Desa Sukasetia, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis. Kejadian ini mengakibatkan kemacaten parah selama dua jam di jalur jalan nasional tersebut. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS - Dua pohon mahoni ukuran besar tumbang ke badan Jalan Raya Cihaurbeuti-Sindangkasih (jalan utama jalur selatan via Ciamis) disapu angin kencang menyertai hujan lebat, Jumat (22/2/2019) pukul 14.30.

Robohnya dua pohon mahoni di Jalan Raya Sindangkasih-Cihaurbeuti, Blok Dusun Desa RT 01/01 Desa Sukasetia, Kecamatan Cihaurbeuti, dekat kantor KUA Cihaurbeuti itu sempat membuat arus lalu lintas menjadi macet. 

Menurut Yayat Wira, seorang warga, pohon mahoni yang tumbuh di sisi jalan depan Kantor KUA Cihaurbeuti itu tumbang menimpa jalan nasional dan ujung pohonnya sampai ke lapangan Desa Sukasetia.

"Jalan sampai  tertutup oleh batang pohon yang tumbang melintang jalan. Macet sekitar 2 jam, sampai pohon bisa dievakuasi ke sisi jalan oleh warga dan petugas," ujar Yayat.

Ratusan kendaraan terutama mobil terjebak macet sampai ke Sindangkasih dari arah timur (Ciamis) dan sampai simpang Cihaurbeuti dari arah barat. Antrean kendaraan yang terjebak macet di jalur selatan tersebut cukup panjang.

“Arus kendaran sempat terganggu sekitar 1,5 jam,” ujar Koordinator Tagana Kabupaten Ciamis Ade Waluya yang didampingi Anggota Dewan Kehormatan Tagana Ciamis, Iman S Rahman kepada Tribun, Jumat (22/2/2019).

Sekitar pukul 16.00 arus kendaraan di jalur selatan via Cihaurbeuti-Sindangkasih tersebut kembali normal setelah dua pohon mahoni yang tumbang berhasil disingkirkan warga bersama relawan Tagana, BPBD Ciamis , anggota TNI dari Koramil Cihaurbeuti dan personel Polsek Cihaurbeuti.

Beredar Info Hilda Fauziah Ada di Garut dan Manonjaya, Polisi Langsung Cek tapi Belum Ditemukan

“Evakuasi pohon tumbang yang menimpa jalan berlangsung di bawah guyuran hujan dan  hanya menggunakan satu cainsaw (mesin gergaji) . Berikut  menggunakan golok dan kampak,” ujar Iman S Rahman.

Selain meruntuhkan dua pohon mahoni yang menimpa badan jalan, angin kencang yang menyapu Desa Sukasetia Kecamatan Cihaurbeuti, Jumat (22/2/2019) sore, itu juga merusak dua rumah warga masing-masing, milik Engkus (50) dan Apip (45) di Dusun Desa RT 01/01. Kedua rumah tersebut tertimpa pohon albasia yang tumbang.

Persib Bandung ke 8 Besar Piala Indonesia Meski Agregat Imbang 3-3 Lawan Arema FC

Penulis: Andri M Dani
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved