Detik-detik Peluncuran Satelit Baru Nusantara Satu Berteknologi HTS, Koneksi Internet Makin Wuuus

Satelit komunikasi baru bernama satelit Nusantara Satu sudah meluncur ke angkasa. Koneksi internet di Indonesia bakal lebih kencang.

Detik-detik Peluncuran Satelit Baru Nusantara Satu Berteknologi HTS, Koneksi Internet Makin Wuuus
-
Falcon 9 milik SpaceX membawa satelit Nusantara Satu milik Indonesia meluncur ke orbit pada Jumat (22/2/2019) pukul 8.45 WIB. 

TRIBUNJABAR.ID - Satelit komunikasi baru bernama satelit Nusantara Satu dari perusahaan penyedia jasa telekomunikasi Indonesia, PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN), diluncurkan ke orbit pagi tadi dari Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral, Florida, AS.

Berdasarkan situs resmi SpaceX, peluncuran berlangsung sesuai rencana, yakni pada Jumat (22/2/2019) pagi pukul 8.45 WIB.

Peluncuran satelit Nusantara Satu bersamaan dengan robot penjelajah Bulan milik Israel Baresheet dan pesawat ruang angkasa S5 Air Force Research Laboratory (AFRL) yang dikembangkan dan diintegrasikan Blue Canyon Technologies.

Seperti diinformasikan sebelumnya, Nusantara Satu merupakan satelit Indonesia pertama yang menggunakan teknologi High Throughput Satellite (HTS) dengan kapasitas hingga 15 Gbps.

Teknologi ini diyakini mampu memberi pelayanan internet dengan kapasitas yang lebih besar dibanding satelit konvensional yang ada di Indonesia.

Pengamat telekomunikasi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Ridwan Effendi mengatakan, keistimewaan teknologi HTS adalah dilengkapi oleh multiple beam.

Luhut Sebut Banyak yang Tidak Percaya Pembangunan Jalan Desa hingga 191.000 Km, Termasuk Bank Dunia

Dengan teknologi ini, satelit dapat mengagregasi beberapa lokasi sekaligus.

"Fungsi satelit berteknologi HTS dengan satelit konvensional sebetulnya sama. Namun dengan adanya multiple beam ini membuat kapasitas bandwidth yang berada di satelit konvensional menjadi berkali-kali lipat atau multiple capacity," ujar Ridwan dalam pernyataannya, Kamis.

Satelit Nusantara Satu mengandalkan platform SSL-1300 140 dengan usia desain selama lebih dari 15 tahun ini memiliki 38 transponder C/Ext-C Band dengan cakupan meliputi wilayah Asia Tenggara.

Satelit ini juga memiliki 8 spot beam Ku-band dengan total kapasitas bandwidth 15 Gbps atau sekitar tiga kali lipat kapasitas satelit konvensional dengan cakupan seluruh wilayah Indonesia.

Satelit buatan Space System Loral (SSL), setelah meluncur akan menuju slot orbit 146 derajat BT tepat di atas Papua, Indonesia. Satelit ini akan dikendalikan melalui Satellite Control Center yang berlokasi di Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat.
Menurut Ridwan, meskipun satelit relatif lebih mahal, punya batas usia, butuh perencanaan yang panjang, serta memerlukan perjuangan untuk mendapatkan slot orbit.

Apa Hubungan Ai Munawaroh dan Nuryanto yang Dimutilasi di Malaysia? Ini Kata Adik Ai Munawaroh

Namun, cara yang paling tepat untuk memenuhi kebutuhan komunikasi di Indonesia adalah dengan menggunakan satelit.

Peluncuran satelit Nusantara Satu menggunakan roket pendorong Falcon 9 dari SpaceX. Bila Anda melewatkan detik-detik peluncuran satelit Nusantara Satu, Anda dapat melihat video siaran langsung di bawah ini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Video: Detik-detik Peluncuran Satelit Nusantara Satu ke Orbit", https://sains.kompas.com/read/2019/02/22/142931623/video-detik-detik-peluncuran-satelit-nusantara-satu-ke-orbit.

Editor: Kisdiantoro
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved