Perbarindo Harus Berkontribusi Terhadap Pembangunan di Daerah

Ketua Umum DPP Perbarindo Joko Suyanto, mengatakan bahwa Perbarindo daerah harus benar-benar mampu menjalani fungsinya

Perbarindo Harus Berkontribusi Terhadap Pembangunan di Daerah
TRIBUN JABAR/KEMAL SETIA PERMANA
Ketua Umum DPP Perbarindo Joko Suyanto meresmikan Rumah Perbarindo Jabar di Jalan Senam Indah Raya No 9, Minggu (17/2/2019) sore. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Kemal Setia Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Meningkatnya pelaku usaha di bidang usaha mikro kecil dan menengah ( UMKM) membuat pihak perbankan harus lebih aktif memberi dukungan, khususnya di bidang permodalan. Hal ini disebabkan UMKM sebagai salah satu pilar yang memberikan kontribusi cukup besar dalam pembangunan daerah.

Hal ini menjadi salah satu sasaran yang dibidik oleh asosiasi Peraturan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) dimana BPR harus turut berkontribusi memberikan dukungan terhadap pembangunan di suatu daerah.

Ketua Umum DPP Perbarindo Joko Suyanto, mengatakan bahwa Perbarindo daerah harus benar-benar mampu menjalani fungsinya sebagai asosiasi perbankan rakyat yang mampu menjadi inisiator agar mampu memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat dan pemerintah daerah.

"Oleh karenanya, dengan adanya Rumah Perbarinodo di Jabar, pengurus di Jabar akan memiliki anggota yang memmiliki fungsi maskimal, baik sebagai inisiator agar memiliki kontribusi terhadap perekonomian di Jabar pada khusunya," ujar Joko saat meresmikan Rumah Perbarindo Jabar di Jalan Senam Indah Raya No 9, Minggu (17/2/2019) sore.

Joko mengatakan bawha anggota Perbarindo Jabar harus mampu memberikan kotribusi baik secara bisnis maupun meningkatkan service level kepada masyarakat, khususnya pelaku ekonomi mikro yang menjadi sasaran utama nasabah BPR, ke arah yang lebih baik. Begitu pun, pelayanan harus lebih mudah, cepat dan sederhan.

"Sehingga harapan di masa depan, pelayanan BPR kepada masyarkat akan semakin efisien dan akses BPR pun harus semakin luas ke depan," harapnya.
Joko menyebutkan bahwa Perbarindo merupakan Asosiasi Perhimpuan Bank Perkreditan Indonesia yang di dalammnya terdapat seluruh BPR, baik konvesional maupun syariah. Anggota Perbarindo merupakan BPR yang tersebar di seluruh Indonesia. Sejauh ini sudah ada 24 pengurus daerah Perbarindo, termasuk Jabar di dalamnya.

"Rumah Perbarindo adalah rumah perjuangan bagi Asosiasi Perbarindo, bagaimana Perbarindo ke depannya mempunyai kontribusi dan values kepada anggota," katanya.

Sejauh ini, sudah terdapat 15 juta rekening nasabah yang terdaftar di BPR di seluruh ini. Menurut Joko, ini merupakan aset besar yang harus dijaga dan dikmbangkan agar BPR memiliki kontribusi sebagai pelayanan dan pendukung pembangunan bagi negara.(*)

Penulis: Kemal Setia Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved