Patut Ditiru, Pemilihan Ketua OSIS di SMKN 1 Garut Ini Gunakan Sistem Daring

Pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMKN 1 Garut ini bisa ditiru untuk diterapkan dalam Pemilu di Indonesia.

Patut Ditiru, Pemilihan Ketua OSIS di SMKN 1 Garut Ini Gunakan Sistem Daring
Tribun Jabar/ Firman Wijaksana
Salah seorang siswa SMKN 1 Garut tengah memilih calon Ketua OSIS menggunakan sistem daring, Senin (18/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMKN 1 Garut ini bisa ditiru untuk diterapkan dalam Pemilu di Indonesia.

Sistem yang digunakan bukan cara konvensional dengan memakai kertas. Tak ada surat suara untuk memilih calon ketua. Tak ada kotak suara untuk memasukkan kertas suara.

Dengan kemajuan teknologi, pemilihan Ketua OSIS menggunakan sistem daring. Setiap siswa bergiliran memilih calon pilihannya melalui komputer yang telah disediakan.


Tinggal memasukkan nama dan sandi, dua calon Ketua OSIS akan tampil di dalam komputer. Siswa tinggal mengklik salah satu calon pilihannya.

Alya Adn (17), siswa kelas XI Multimedia, mengaku sistem tersebut sangat memudahkan. Setiap siswa pun dipastikan memilih karena sudah terdata dalam absen di sekolah.

"Jadi kami dikasih user name dan password sama sekolah. Satu user name cuma bisa dipakai sekali," ujar Alya usai memilih calon Ketua OSIS, Senin (18/2/2019).

#02GagapUnicorn Trending, Gerindra: Prabowo Bukan Tak Tahu Tapi Pelafalan Jokowi Tak Terdengar Jelas

Dengan sistem daring, Alya mengaku lebih mudah dan cepat untuk memilih. Selain itu juga menghemat waktu karena pemenang bisa segera diketahui.

"Nanti siang juga langsung ketahuan hasilnya. Di aula kan juga update untuk suara yang masuknya. Sekarang saja sudah lebih dari 55 persen suara masuk," katanya.

Sistem daring juga bisa menghindari kecurangan saat melakukan pemilihan. Paling penting, waktu belajar tak terganggu karena pemilihan cepat berlangsung.

Prabowo Kerap Rapihkan Dasi, Jas, dan Copot Kacamata, Pakar Bahasa Tubuh: Tak Sabar Segera Memimpin

Pemerintah Cari Terobosan untuk Cara Sita Aset Kejahatan di Luar Negeri

Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved