Hari Valentine, Penyanyi dan Aktivis Ini Ingatkan untuk Mencintai Diri Sendiri, Ini Alasannya

"Selama ini masyarakat dibesarkan dalam budaya di mana kita harus melihat apa yang orang lain mau dari kita, bukan apa yang kita bisa jadikan dari dir

Hari Valentine, Penyanyi dan Aktivis Ini Ingatkan untuk Mencintai Diri Sendiri, Ini Alasannya
Tribun Jabar/ Putri Puspita
Aktivis kesetaraan gender sekaligus penyanyi, Kartika Jahja 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Putri Puspita

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Perayaan hari kasih sayang atau dikenal dengan sebutan Hari Valentine dirayakan setiap 14 Februari setiap tahunnya.

Perayaan ini biasanya ditandai dengan memberikan hadiah berupa cokelat atau bunga kepada pasangan atau orang yang dikasihi.

Saling berbagi kasih sayang sebenarnya bukanlah hal yang hanya dilakukan satu tahun sekali, sejatinya setiap manusia selalu berbagi kasih sayang kepada insan lainnya setiap hari.

Banyak orang yang beranggapan jika rasa sayang dan mencintai hanya diberikan kepada orang lain, mereka lupa jika diri sendiri pun perlu disayangi.

Ketika mencintai orang lain beberapa orang rela melakukan apa saja untuk membuat pasangannya bahagia, tapi mereka tidak tahu bagiamana cara membuat diri sendiri bahagia.

Hari Valentine juga bisa dirayakan bersama diri sendiri. Anggapan jomblo alias tidak memiliki pasangan mendapat stigma hal yang menyedihkan di lingkungan sosial.

Mantan Calon Wali Kota Surabaya Ungkap Peran Billy Sindoro dalam Kasus Proyek Meikarta

Hari Valentine, Pasar Bunga Wastukencana Justru Sepi Pembeli, Pedagang Mengeluh

Toko Cokelat Ini Ketiban Untung, Peminat Cokelat Meningkat Dua Kali Lipat di Hari Valentine

Edukasi untuk mencintai diri sendiri memang jarang ditemui dalam pendidikan di Indonesia.

Musisi sekaligus penggiat kesetaraan gender, Kartika Jahja mengatakan jika masyarakat harus sadar akan self love atau mencintai diri sendiri.

"Selama ini masyarakat dibesarkan dalam budaya di mana kita harus melihat apa yang orang lain mau dari kita, bukan apa yang kita bisa jadikan dari diri kita," ujar Kartika Jahja saat ditemui di Spasial, Jalan Gudang Selatan No 22, Selasa (12/2/2019).

Wanita yang akrab disapa Tika ini mengatakan jika mencintai diri sendiri itu bukanlah hal yang egois, justru mencintai diri sendiri adalah sebuah revolusi.

"Jadi, inilah waktunya untuk kita melihat apa yang kita butuhkan untuk diri kita sendiri sebelum kita melihat apa yang kita bisa berikan kepada orang lain," ucap wanita yang pernah masuk daftar 100 perempuan yang menginspirasi dari seluruh dunia pilihan BBC 2016.

Sudahkah Anda mencintai diri sendiri sebelum mencintai orang lain?

Kiper Persib Bandung Yakin Timnya Bakal Singkirkan Arema FC di Piala Indonesia

Calon Jemaah Umroh Bisa Melakukan Vaksin Meningitis di Bio Farma, Berikut Jadwalnya

Satgas Waspada Investasi Setop 231 Fintech Ilegal

Penulis: Putri Puspita Nilawati
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved