Anggota DPRD Jawa Barat Reses, Bawaslu: Jangan Malah Kampanyenya yang Berasa

Reses jangan diikutcampurkan dengan kampanye, kalau reses dibiayai oleh negara sedangkan kampanye tidak boleh dibiayai oleh negara

Anggota DPRD Jawa Barat Reses, Bawaslu: Jangan Malah Kampanyenya yang Berasa
Tribun Jabar/M Syarif Abdussalam
DPRD Provinsi Jawa Barat menggelar pengarahan Pendamping Reses I Tahun Sidang 2019 bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jabar, di Ruang Bangar DPRD Provinsi Jawa Barat, Kamis (14/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- DPRD Provinsi Jawa Barat menggelar pengarahan Pendamping Reses I Tahun Sidang 2019 bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jabar, di Ruang Bangar DPRD Provinsi Jawa Barat, Kamis (14/2/2019).

Hadir dalam kesempatan tersebut sebagai narasumber Komisioner KPU Provinsi Jawa Barat Idham Kholik dan Anggota Bawaslu Jabar Wasikin.

Komisioner KPU Jabar Idham Kholik mengapresiasi atas digelarnya sosialiasi pendamping reses yang melibatkan KPU beserta Bawaslu.

Hal ini dilakukan untuk memastikan reses anggota DPRD Provinsi Jawa Barat tidak melanggar aturan kampanye, sesuai dengan UU No 7 Tahun 2017 Pasal 280 tentang larangan dalam kampanye, ada larangan menggunakan fasilitas negara.

“Saya tegaskan reses adalah kegiatan legislatif dan merupakan kewajiban anggota DPRD untuk bertemu konstituennya. Tapi kami memohon saat reses tidak boleh ada apk dan melakukan kampanye,” katanya.

Kata Prabowo, Harga Beras dan Daging di Indonesia Salah Satu yang Tertinggi di Dunia

Pemprov Jawa Barat Ajukan Perluasan TPAS Sarimukti di Kabupaten Bandung Barat

Idham menambahkan, sesuai dengan UU No 7 Tahun 2017 Pasal 280 tentang larangan dalam kampanye terdapat larangan menggunakan fasilitas negara.

Menurut Idham, reses merupakan fasilitas negara karena reses menggunakan dana APBD.

“Saya yakin bahwa dengan niatan baik para pendamping reses DPRD Provinsi Jawa Barat tidak akan pelanggaran kampanye pada saat pelaksanaan reses,” ujarnya.

Komisioner Bawaslu Jawa Barat Wasikin menjelaskan bahwa sesuai dengan tugasnya, Bawaslu adalah mengawasi, memperingati, dan mencegah terjadinya pelanggaran kampanye.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved